Budidaya Vaname Program Inspiratif Kapolres Situbondo Untuk Pensiunan Polri dan Masyarakat

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Program baru dari Kapolres Situbondo patut diapresiasi karena begitu inspiratif. karena dalam program tersebut bukan hanya untuk perwira polri yang masih aktif dan masih muda. namun untuk kesiapan personil Polri yang akan pensiunpun sudah disiapkan sebuah program.

Program tersebut berupa Budidaya Udang Vaname skala Rumah Tangga Dengan menggandeng Dinas Perikanan dan kelautan kabupayen Situbondo, Balai Penyuluhan Air Payau (BPAP) serta masyarakat untuk budidaya udang faname. bahkan program tersebut sengaja dibidik untuk mereka personil Polri yang akan pensiun.

“Terobosan baru yang kami lakukan saat ini merupakan terobosan pertama Binmas Pionir yaitu budidaya udang Vaname skala rumahan. dimana dalan program tersebut dimaksudkan untuk membangun sinergitas antar element masyarakat serta  meningkatkan taraf perekonomian. selain itu bagi personil Polri yang akan pensiun budidaya ini sangat cocok untyk usaha karena tidak membutuhkan banyak biaya,”Ujar Kapolres Situbondo AKBP Sogit Dany Setiyono,SH.S.I.K.M.Sc (Eng).

Budidaya Udang Vaname skala rumah tangga yang terletak di Dusun Karanganyar, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo bekerjasama dengan Pondok Pesantren Miftahul Hidayah, dengan pendampingan dari Dinas Perikanan dan Kelautan.

“Diharapkan dengan adanya program Budidaya ini. selain menambah kesibukan peraonil polri yang akan dan sudah pensiun. serta diharapkan untuk membangun sinergitas antar element masyarakat serta  meningkatkan taraf perekonomian masyarakat sekitar,” Harapnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Pondok Pesantren Miftahul Hidayah juga berharap dengan kerja sama dengan pihak polres nantinya membawa dampak yang semakin positif dalam pembangunan masyarakat dan pondok pesantren.

“Budidaya udang Vaname skala rumah tangga kerjasama ponpes dengan Polres kami yakin akan membawa peningkatam ekonomi semakin meningkat. itu terlihat dari udang yang kami sebar terlihat sehat dan sekarang saja ada yang nawar,” Ujar pengasuh.

Dari data yang dihimpun Beritalima.com di lapangan bisnis Budidaya Udang Vane skala rumah tangga cukup menggiurkan. dengan sistem bak terpal dengan ukuran 6 x 15 meter membutuh modal awal sekitar Rp 15 juta termasuk bibit udang. dari ukuran kolam tersebut bisa menghasilkan 700 kg udang Vaname sekali panen. (Mpt)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *