Buka Kejuaraan Bola Basket Antar Pelajar Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi Bangun Kekeluargaan Melalui Olahraga

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membuka kejuaraan bola basket antar pelajar jenjang SMP, SMA dan SMK se Kota Pahlawan, Rabu (25/5/2022). Ajang kejuaraan bola basket memperebutkan Piala Wali Kota Surabaya tersebut, berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) Pancasila.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, bahwa situasi pandemi Covid-19 telah membuat pertandingan olahraga khususnya bola basket di Surabaya sempat terhenti. Ia bersyukur, karena saat ini pandemi telah terkendali membuat pertandingan bola basket dapat kembali digelar.

“Pertandingan ini adalah hari kebangkitan bagi anak-anak SMP untuk menunjukkan kemampuannya di bidang bola basket. Karena itu tunjukkan menjadi yang terbaik,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Menurut dia, esensi yang terbaik dalam pertandingan bola basket ini bukan hanya untuk mencari pemenang. Tapi yang dicari adalah bagaimana pertandingan itu dapat berjalan penuh dengan kebersamaan dan sportivitas.

“Ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik, tapi untuk menyatukan seluruh anak-anak menjadi kebersamaan. Sehingga tidak ada persaingan, tapi menunjukkan siapa yang terbaik dengan menjunjung tinggi fair play dan sportivitas,” tuturnya.

Yang membuat bangga Wali Kota Eri Cahyadi dalam kejuaraan bola basket ini adalah kehadiran para suporter. Para suporter yang hadir itu merupakan pelajar dari masing-masing sekolah yang bertanding. “Jadi dalam kejuaraan ini tak hanya pertandingannya yang dinilai, tapi suporter terbaik, terkreatif juga dikasih hadiah,” katanya.

Di samping suporter, Wali Kota Eri Cahyadi menerangkan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga menyiapkan hadiah bagi tim cheerleaders terkreatif. Termasuk pula tim bola basket yang bermain fair play. “Pertandingan ini Insyallah akan kita rutinkan, karena dengan begini maka seluruh SMP akan bertemu, baik pemain maupun suporternya,” terangnya.

Dengan demikian, Wali Kota Eri Cahyadi mengharapkan dapat timbul kebersamaan dan kekeluargaan antar pelajar di Surabaya, khususnya di bidang olahraga. Sebab, dalam kejuaraan ini ada sinergi dan kolaborasi yang dibangun baik oleh para pemain maupun supporter.

“Kayak (seperti) suporter dan pemainnya inikan ada kolaborasi, sinergi, sehingga arek-arek Suroboyo itu mulai dari SMP-SD sampai jenjang yang lebih tinggi itu rasanya menjadi satu, bahwa kita semua adalah saudara,” jelasnya.

Kepada seluruh tim yang tengah bertanding, Wali Kota Eri Cahyadi berpesan agar mereka dapat menjunjung tinggi sportivitas dan kekeluargaan. Baginya, dalam pertandingan itu yang terpenting bukan hanya kemenangan yang dicari, melainkan persaudaraan dan sportivitas.

“Jadi bukan juaranya yang sejati. Tapi ketika juara bisa menjaga sportivitas, bisa menjaga kekeluargaan, itulah juara sejati yang harus ditunjukkan oleh arek-arek Suroboyo,” imbuhnya.

Selain membuka langsung kejuaraan bola basket antar pelajar Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi sekaligus menyaksikan pertandingan perdana. Dalam pertandingan perdana itu, tim bola basket dari SMPN 30 Surabaya melawan SMPN 21 Surabaya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya, Wiwiek Widayati menyampaikan, kejuaraan bola basket antar pelajar ini menjadi salah satu rangkaian agenda Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 729. Untuk pelaksanaannya dimulai pada tanggal 25 Mei hingga 5 Juni bagi pelajar SMP. “Sedangkan pertandingan bola basket untuk pelajar jenjang SMA/SMK, dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai dengan 11 Juni 2022,” kata Wiwiek.

Ia menjelaskan, bahwa kejuaraan bola basket Piala Wali Kota Surabaya tahun 2022 ini diikuti 113 tim yang terdiri dari 71 Tim Putra dan 42 Tim Putri. Dengan rincian, pelajar jenjang SMP terdiri dari 49 Tim Putra dan 32 Tim Putri. Sedangkan untuk pelajar SMA/SMK, terdiri dari 22 Tim Putra dan 10 Tim Putri. “Selain kejuaraan bola basket, juga diadakan penilaian bagi suporter terbaik dan penilaian cheerleader terbaik dalam kesempatan ini,” pungkasnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait