Buka Lahan, 4 Ha Lahan Dibakar Warga

  • Whatsapp

JAYAPURA, beritalima.com – Empat hektar lahan di wilayah kampung Buton dan hutan sekitar Kompleks perumahan Angkatan Laut jalan baru kota Jayapura Senin (28/8) siang kemarin terbakar.

Anis Huik,S.Hut selaku kepala Kesatuan Pegelolaan Hutan Produksi (KPHP) dikonfirmasi menduga kebakaran akibat pembukaan lahan garapan oleh warga.

“Kami duga ini akibat pembukaan lahan warga, dan ini menjalar sehingga sangat membahayakan, karena bisa saja menyambar rumah warga,”katanya.

Pihaknya yang mendapat laporan oleh warga langsung bergerak bersama personil Pengendali Kebakaran Hutan KPHP langsung ke lokasi dan memadamkan api.

“Personil ada 10 orang ke lokasi untuk pemadaman, delapan orang dari KPHP, dan dua dari Pramuka Saka Wana Bhakti,”katanya.

Upaya pemadaman, lanjut Anis, pihaknya menggunakan dua buah jet shooter dan ranting pepohonan sekitarumah, hingga pukul 17.58 Wit api berhasil dipadamkan.

Pihaknya meminta warga untuk tidak membakar hutan, karena dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya.

“Ini hutan diatas kemiringan, jadi kalau dibakar dari bawah, maka akan gampang menjalar dan membakar yang diatasnya. Dan pada kondisi cuaca yang terik saat ini, bisa saja api menjalar kemana-mana, sehingga kami harap jangan lagi ada pembakaran hutan,”terangnya.

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *