Buku Bacaan Berjenjang Tumbuhkan Minat Baca Siswa

  • Whatsapp

Redelong – Program Buku Bacaan Berjenjang (B3) , terus menyebarkan praktik yang baik di sekolah dan madrasah yang ada di Bener Meriah. Setidaknya sudah 384 guru kelas awal dan kepala sekolah pada 13 gugus atau 96 SD/MI di kabupaten tersebut sudah mulai merasakan manfaat B3 untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah mereka. “Di Bener Meriah, masih tersisa 16 SD/MI atau 2 gugus lagi yang segera akan mendapatkan pelatihan pemanfaatan B3 yang telah dihibahkan oleh USAID,” kata Imran Ali, pelaksana program B3 di Bener Meriah. Ia juga menjelaskan bahwa B3 menjadi alat bantu yang efektif untuk digunakan oleh guru dalam membimbing kelompok siswa sesuai dengan tingkat kemampuan membaca di kelas awal.

Program untuk keterampilan membaca itupun mendapat perhatian khusus Bupati Bener Meriah, Rusli M Saleh yang beberapa hari lalu menyempatkan diri untuk mengunjungi pelatihan B3 di SDN Buntul Kemumu, Kecamatan Permata. Dalam tamsilannya, Bupati mengharapkan para guru mampu menulis sebuah gambaran, kemudian menyusun gambaran menjadi satu kata, selanjutnya menjadi satu kalimat, sehingga siswa mampu memahami dan merangkumnya. “Saya juga berharap dapat terjadi perubahan yang lebih baik dengan lahirnya inovasi-inovasi baru yang kreatif dari para guru,” kata Rusli.

Senada dengan bupati, Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Bener Meriah, Johari SPd, ingatkan peserta B3 yang telah dilatih oleh USAID PRIORITAS untuk dapat memanfaatkan hasil pelatihan yang diikuti, sehingga dapat dengan mudah mengarahkan siswa belajar membaca bersama, membaca terbimbing dan mandiri, serta memotivasi siswa dalam belajar. “Pemerintah mencanakan budaya membaca setiap pagi sebelum proses belajar mengajar agar semua siswa dan guru terbiasa dengan membaca,” kata Johari disela-sela kegiatan Pelatihan B3 Tingkat Gugus 1 UPTD Timang Gajah di SDN Karang Jadi yang akan berakhir besok (12/10). “Program ini mendukung siswa agar lebih cepat membaca dan memahami isi bacaan,” tutupnya.***

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *