Bulan K3, BPJAMSOSTEK Madura Sosialisasi Lapak Asik dan Beri Safety Kit

  • Whatsapp

BANGKALAN, beritalima.com | Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2021, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Madura mensosialisasikan Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) sekaligus memberikan safety kit dan Spanduk K3 kepada perusahaan peserta.

Sosialisasi serta pemberian safety kit dan spanduk tersebut dilakukan di 2 perusahaan galangan kapal di Kamal, Bangkalan, yakni PT Gapura Shipyard dan PT Ben Santosa, Rabu (24/2/2021).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura, Dhyah Swasti Kusumawardhani, mengatakan, kegiatan dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional Tahun 2021 ini dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Lapak Asik ini perlu kami sosialisasikan agar para pekerja memahami cara mengurus klaim jaminan khususnya Jaminan Hari Tua di masa Pandemi Covid-19,” ujar Dhyah.

“Lapak Asik ini merupakan layanan terbaik di masa Pandemi, yang tujuannya untuk memudahkan pekerja yang mengajukan klaim di samping tetap harus menghindari kontak fisik guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19,” jelasnya.

Sedangkan pemberian Corona Safety Kit tujuannya supaya pekerja di tempat kerja selalu melakukan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak. Dikatakan, paket Corona Safety Kit yang diberikan berisi masker dan hand sanitizer.

Sementara untuk Spanduk K3 diberikan untuk dipasang di tempat strategis di lokasi perusahaan supaya mudah terbaca pimpinan perusahaan dan pekerja dengan tujuan untuk mengingatkan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja itu lebih penting dan utama.

Lebih jauh Dhyah menjelaskan mengenai Lapak Asik baik secara online maupun Onsite. Menurutnya, pada dasarnya tidak ada perbedaan antara Lapak Asik online dan onsite.

“Dengan Lapak Asik online peserta dapat mengajukan klaim tanpa harus keluar dari rumah,” ujarnya. Cukup dengan mengakses portal lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id, peserta akan diarahkan untuk mengisi data pribadi dan menyiapkan dokumen pendukung klaim seperti Kartu BPJS Ketenagakerjaan, KTP, kartu keluarga, surat pengalaman kerja (Paklaring), buku rekening bank yang masih aktif, juga mengisi data diri pada saat registrasi pengajuan klaim.

Setelah itu peserta diminta menunggu untuk dihubungi oleh petugas BPJAMSOSTEK yang akan mengkonfirmasi dokumen pengajuan klaim dari peserta.

Sedangkan untuk Lapak Asik onsite, lanjut Dhyah, prosesnya tetap secara digital namun dalam proses konfirmasi dilakukan secara langsung di kantor BPJAMSOSTEK yang dituju.

“Layanan Lapak Asik ini bertujuan untuk memastikan layanan pengajuan dapat dilaksanakan di seluruh Kantor Cabang BPJAMSOSTEK dan untuk mempermudah serta mempercepat proses klaim, di samping untuk menekan laju penyebaran Covid-19,” tandasnya. (Ganefo)

Teks Foto: BPJAMSOSTEK Cabang Madura saat di PT Gapura Shipyard dan PT Ben Santosa untuk sosialisasi Lapak Asik dan memberikan Safety Kit serta Spanduk K3 dalam rangka peringatan Bulan K3 Nasional 2021, Rabu (24/2/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait