Bupati Dampingi Kunjungan Kerja Menteri ATR/BPN di Kabupaten Jombang

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Bupati Kabupaten Jombang Hj. Mundjidah Wahab bersama Forkopimda dampingi kunjungan kerja Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto dalam rangka penyerahan sertifikat di Desa Dukuhklopo, PTSL, pembagian sertifikat Wakaf di Desa Sukoiber, peresmian Gedung Arsip Kantor Pertanahan Kabupaten Jombang. Dan nyekar Mbah Wahab sekaligus isoma di Ndalem Kasepuhan serta anjangsana ke Ponpes Tebuireng sekaligus ziarah ke Makam Gua Dur.

Kunker Menteri ATR/Kepala BPN pada Kamis (6/7/2023) diikuti Forkopimda Kabupaten Jombang memastikan Pendaftaran Tanah Masyarakat, Aset Pemerintah, dan Tanah Wakaf. Alhasil 11 warga Desa Dukuhklopo di Kecamatan Peterongan mendapat penyerahan PTSL langsung dari tangan Menteri hingga dapat berdialog dan mendengar langsung cerita masyarakat dalam proses pendaftaran tanah serta memastikan tidak ada pungli.

Menteri menyampaikan, penyerahan sertipikat aset ini untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan terhadap tanah/aset instansi. Terlebih tanah-tanah tersebut akan diperuntukkan bagi kemaslahatan masyarakat Jombang seperti Pasar Baru Jombang, Areal Relokasi Pedagang Kaki Lima dan Jalan.

“Terkait pendaftaran tanah aset, sebagaimana amanat Presiden Joko Widodo bahwa penertiban administrasi tata kelola aset instansi untuk menghindari terjadinya konflik antar warga dengan pemerintah atau warga dengan BUMN. Ini adalah Program Revolusioner,” ucap Menteri kepada Bupati Jombang dan Forkopimda.

Oleh sebab itu diungkapkan Hadi Tjahjanto selaku Menteri, mengharapkan kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dapat menjaga asetnya masing – masing serta memanfaatkannya dengan baik.

“Untuk menjadi Kota Lengkap harus diawali dengan Desa Lengkap. Oleh sebab itu untuk mengejar kekurangan target 300 ribu sertifikat harus diawali dengan pendaftaran peta bidang. Saya minta Tanah Kas Desa juga bisa disertipikatkan. Ini adalah aset. Saya sangat bersyukur para Kepala Desa di Kabupaten Jombang sangat mendukung program ini, sehingga dapat segera terwujud Desa Lengkap”, pungkasnya.

Sebelumnya kunjungan tersebut diawali penyerahan sertipikat secara simbolis untuk 8 sertipikat tanah aset Pemerintah Kabupaten Jombang oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto kepada Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab.

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa Program Nasional PTSL di Kabupaten Jombang telah berjalan dengan baik. Lanjutnya atas kunjumgan Menteri ATR/Kepala BPN itu menurut Bupati merupakan bentuk nyata Kementetian ATR/BPN dalam memberikan kepastian hukum atas tanah terutama yang dijadikan fasilitas umum.

“Kita semua saling bersinergi, berkolaborasi dalam melaksanakan program yang sangat bermanfaat dan membantu masyarakat didalam mendapatkan kepastian hukum ini,” ucap Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Jurnalis: Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait