Bupati Gresik Hadiri Sedekah Bumi dan Peringatan Maulid Nabi Di Desa Jogodalu

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com- Ada yang berbeda dengan kegiatan sedekah bumi di Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, Gresik. Sedekah bumi dirangkai dengan momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw sehingga semakin menambah rasa syukur bagi warga setempat.

Meskipun begitu, sejumlah warga juga membawa ancak yang berisi berbagai macam hasil pertanian dari hasil bumi dan berbagai makanan. Macam-macam makanan itu dirangkai dan dihias dalam sebuah wadah besar yang dinamakan ancak seperti kegiatan sedekah bumi pada umumnya.

Hadirnya ancak tersebut sebagai simbol gotong royong dan rasa syukur atas hasil bumi yang melimpah. Sebelum dibagikan kepada warga, terlebih dulu dilaksanakan istighosah, pembacaan sholawar nabi dan ceramah agama yang diampuh oleh pemuka agama setempat.

Bupati Gresik H. Akhmad Yani dalam sambutannya mengajak seluruh umat muslim di Kabupaten Gresik, terutama warga Desa Jogodalu agar senantiasa meningkatkan kadar keimanan. Selain itu juga meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, salah satunya diwujudkan dengan bersholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

“Dengan kita bersholawat, Insya Allah kita akan selalu mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Untuk itu, mari kita perbanyak sholawat dan dzikir, demi keselamatan kita bersama,” terangnya, Minggu (23/10/2022).

Selain itu, lanjut Gus Yani sapaan Bupati Gresik, dengan diadakannya doa bersama, dirinya berharap agar masyarakat di Desa Jogodalu pada khususnya dan Kabupaten Gresik pada umumnya diberikan keselamatan dan kesehatan lahir batin.

“Mudah-mudahan doa yang kita panjatkan hari ini dapat melahirkan nuansa positif sehingga kita semua dilimpahkan keselamatan dan kesehatan oleh Allah swt,” katanya.

Usai dilakasanakan doa bersama, Gus Yani memberikan santunan kepada anak yatim yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut. Kemudian barulah ancak-ancak berisi hasil bumi dan makanan tersebut dibagikan kepada warga setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Benjeng bersama Muspika setempat, Kepala Desa beserta perangkatnya dan juga tokoh masyarakat Desa Jogodalu.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait