Bupati Karna Tinjau Saluran Irigasi II Bantal, Siap Mengairi Ratusan Hektar Lahan Pertanian

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama Kepala Kejaksaan membuka pintu air Saluran irigasi II Bantal. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi meresmikan selesainya perbaikan talang saluran irigasi II Bantal di Desa Perante, Kecamatan Asembagus, Rabu (7/7/2021).Talang saluran irigasi ini pun disebut siap untuk mengairi lahan pertanian seluas 400 Hektar.

“Ada ratusan hektar lahan pertanian di tujuh desa yang mengandalkan suplai air dari talang ini. Yaitu Awar-awar, Perante, Trigonco, Kertosari, Mojosari, Kedunglo dan Curah Kalak,” ucapnya.

Dirinya mengatakan, sumber anggaran perbaikan talang saluran irigasi II Bantal tersebut berasal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Situbondo yang mengajukan ke provinsi, dan itu memakai dana tanggap darurat,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa) Desa Kertosari, Akbar menjelaskan, talang saluran irigasi tersebut mulai mengalami kerusakan pada bulan Januari 2021.

“Ada retakan dibeberapa bagian dan itu semakin parah. Sehingga bulan Pebruari sudah tidak bisa mengaliri air lagi,” ujarnya.

Akbar optimis, dengan selesainya perbaikan talang saluran irigasi II Bantal ini, maka bisa meningkatkan hasil panen petani tebu di tujuh desa.

“Selama tidak bisa digunakan kami mengalami kerugian yang cukup besar. Dalam satu Hektar , itu bisa mencapai puluhan juta,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Situbondo, Iwan Setiawan menegaskan, proses perbaikan talang saluran irigasi II Bantal sudah memenuhi prosedur perundang-undangan.

“Tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan Pemkab Situbondo. Karena sudah sesuai dengan peraturan LKPP nomor 13 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa dalam keadaan darurat,” pungkasnya. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait