Bupati Madiun Raih Penghargaan Atas Komitmen Terbaik Dalam Pengembangan Desa Ramah Perempuan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, menerima penghargaan atas Komitmen Terbaik Dalam Pengembangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Kamis 22 Desember 2022.

Penghargaan ini diberikan juga dalam dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-94 dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-23 bertajuk “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”.

Dalam hal ini, Desa Pule, Kecamatan Sawahan terpilih sebagai desa dengan Komitmen Terbaik dalam Pengembangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Provinsi Jawa Timur.

Khofifah mengatakan, pada dasarnya perempuan memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif yang harus dijaga. Salah satunya, seorang Ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya yang kelak akan menjadi penerus bangsa.

“Maka, berbicara tentang pemberdayaan perempuan, harus berseiring dengan proses membangun kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Kita juga harus melihat Gender Development Index. Baik dari sisi pendidikan, kesehatan, hingga kesejahteraan perempuan,” kata Khofifah.

Gubernur juga menggarisbawahi terkait pernikahan usia dini dan pencegahan stunting. Khofifah jmengajak kepada seluruh elemen strategis di Pemerintah Provinsi Jawa Timur bisa bergandengan tangan untuk memberikan penguatan dan pemberdayaan kepada perempuan.

“Kepada ibu-ibu termasuk di dalamnya adalah driver ojol perempuan yang 90% adalah single mother dan 10% memiliki anak berkebutuhan khusus. Mudah-mudahan kekuatan sosial kita makin merekatkan sapaan-sapaan bagi masyarakat lebih luas. Selamat Hari Ibu,” ucapnya. (Dibyo).

H. Ahmad Dawami (kanan).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait