Bupati Salwa Arifin Serahkan Santunan Secara Simbolis Kepada Anak Yatim-piatu

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) menyantuni 305 anak yatim. Bupati Salwa Arifin memberikan langsung santunan tersebut kepada sedikitnya lima anak yatim.

Kegiatan santunan anak yatim oleh Baznas Bondowoso ini digelar di Pendopo Bupati, Kamis (29/4). Selain Bupati Salwa Arifin, turut hadir Ketua II Bag. Distribusi Baznas Bondowoso KH Anwar Syafi’i, Kabag Kesra Setda Bondowoso Rahmatullah dan pihak lainnya.

Di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Baznas menyantuni 305 anak yatim tersebut dengan memberikan uang tunai sebesar Rp 300ribu kepada setiap anak.

Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin menyatakan bangga, karena Baznas telah aktif menjalankan tugas-tugasnya untuk mengelola zakat.

“Terima kasih kepada Badan Amil Zakat atas program yang dilaksanakan saat ini. Saya merasa bangga,” katanya.

Sesuai laporan, bahwa kemampuan dana yang di himpun oleh Baznas Bondowoso untuk kali hanya sekitar Rp. 900 juta.

Akan hal itu, Bupati Salwa berharap agar Baznas kedepannya untuk lebih meningkatkan kembali penarikan zakat. Dengan harus bertindak dengan jemput bola.

“Harus baznas yang mengambil, bukan hanya sekedar intruksi atau saran, akan tetapi dengan tindakan, itu perintah Al-Qur’an. Bukan muzakki yang membayar, tapi para Badan Amil Zakat ini ada peran aktif,” Urai Pengasuh Ponpes Manbaul Ulum Tangsil Wetan ini.

Jika Baznas berperan lebih aktif lagi, maka kata Bupati, potensi untuk meningkatkan perolehan penarikan zakat di Bondowoso ini, diperkirakan lebih bisa dari Rp. 1 miliar. Bahkan jika mengkalkulasi Pegawai Negeri Sipil di Bondowoso, yang jumlahnya sekitar 8ribu lebih.

“Kalau di hitung itu bisa Rp. 4 miliar. Kalau kita aktif, mampu dan Banznas harus berdaya. Silahkan lengkapi kepengurusan di tiap-tiap kecamatan, seperti OPZ (Organisasi Pengelola Zakat),” sarannya.

Sementara itu, Ketua IV Bag. Keuangan Baznas Bondowoso, Imam Sarojo menerangkan bahwa untuk meningkatkan pendapatan Baznas. Pihaknya telah membentuk UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) di 20 Kecamatan.

“UPZ tiap kecamatan. Hampir 20 Kecamatan. Kita upayakan, semampunya kita,” urainya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait