Bupati Salwa Terima Api Porprov Diikuti Ratusan Atlet Bondowoso

  • Whatsapp
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat menerima Api Porprov Jatim di depan Pendopo. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Sebanyak 416 atlet asal Bondowoso yang akan berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VII – 2022, mebawa obot api Porprov, Senin (20/6/2022) sore.

Yakni, dengan dikirab dari Wisma Wakil Bupati Bondowoso menuju Pendopo Kabupaten atau sekitar 2 kilometer.

Pantauan di lapangan, api tersebut terlebih dahulu diambil langsung dari Kawah Ijen, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Senin (20/6/2022) dini hari.

Selanjutnya, api Porprov diarak oleh penyelenggara berkeliling Bumi Ki Ronggo. Yakni, dari Paltuding- Kecamatan Ijen, Kampung Kopi Kluncing- Kecamatan Sumber Wringin, Kecamatan Sukosari, Pertigaan Gardu Atak – Kecamatan Tapen.

Berikutnya menuju Pasar Wonosari – Kecamatan Wonosari, Kecamatan Pujer, Bundaran Nangkaan.

Tiba di kawasan Kecamatan Kota (Bondowoso), api biru diserahkan kepada Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat oleh Sekretaris Daerah Bondowoso, Bambang Soekwanto di Wisma Wakil Bupati, Jalan Ahmad Yani.

Dari Wabup Irwan diserahkan kepada perwakilan atlet. Yang selanjutnya dikirab oleh ratusan atlet, drumband, hingga kesenian Singo Ulung menuju Pendopo Kabupaten Bondowoso.

Setelah itu, api tersebut diserahkan kepada Bupati Salwa Arifin didampingi oleh seluruh jajaran Forpimda dan KONI Jatim.

Api Porprov selanjutnya akan dibiarkan tetap menyala di Pendopo kabupaten sebelum akhirnya diestafetkan ke Kabupaten Situbondo, Selasa (21/6/2022) sore.

Pada kesempatan Bupati Salwa Arifin dan Wabup Irwan sekaligus melepas secara simbolis seluruh atlet untuk berlaga di pesta olahraga.

Bupati Salwa Arifin usai menerima obor api Porprov, mengatakan, kirab api Porprov ini menjadi rangkaian pembukaan Porprov Jatim ke VII.

Dirinya menyebutkan kobaran api Porprov yang diambil langsung dari Kawah Ijen ini, menjadi simbol pesta olahraga dua tahunan ini. Dan, hendaknya bisa menjadi inspirasi, spirit, kekuatan kebersamaan, serta sportivitas seluruh atlet yang akan berlaga.

“Saya berpesan kepada seluruh atlet dan official tim, agar menyerap semangat api abadi ini sehingga mampu memberikan potensi terbaiknya untuk memperoleh prestasi gemilang dalam Porprov,” urainya.

Ditambahkan oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, agar hendaknya adanya Porprov inj juga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Bondowoso.

“Berkenaan dengan kegiatan Porprov ini, mudah-mudahan bisa berdampak positif bagi Kabupaten Bondowoso,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Porprov Jatim di Bondowoso, yang sekaligus Sekda Kabupaten Bondowoso, Bambang Soekwanto, berharap seluruh atlet memberikan semangat terbaik bagi Bumi Ki Ronggo. Terlebih kesempatan ini jarang terjadi.

“Saya berharap atlet-atlet ini, mempunyai semangat juang yang tinggi untuk membawa nama Bondowoso ke depan,” pungkasnya.

Untuk informasi, pada perhelatan Porprov ke VII Jatim ini Bondowoso menjadi satu dari empat Kabupaten yang menjadi tuan rumah. Di antaranya yakni, Situbondo, Lumajang, dan Jember.

Di Bumi Ki Ronggo, ada tujuh cabor yang diperlombakan yakni, cabor karate, taekwondo, tenis meja, catur, menembak, panahan, dan tinju.

Pelaksanaannya dilakukan mulai 25 Juni hingga 3 Juli 2022.

Adapun Bondowoso sendiri hanya mengikuti 26 cabang olahraga di Porprov ke VII Jawa Timur.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait