Bupati Soekirman Letakan Batu Pertama Kantor BKAD dan Bumdes Bersama Teman Sejati Di Kecamatan Teluk Mengkudu

  • Whatsapp

SERGAI, beritalima.com | Bupati Sergai Ir H Soekirman diwakilkan oleh Asisten I Setdakab Sergai Nina Deliana Hutabarat S.Sos didampingi Kadis Pemberdayan Masyarakat Desa, H Ikhsan AP, M.Si menghadiri Peletakan Batu Pertama Kantor BKAD dan Bumdes Bersama Teman Sejati di Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai.

Kegiatan ini dilaksanakan Dusun III, Desa Pasar Baru, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai, Senin (17/2/2020) sekira pukul 09:00WIB.

Ketua Bumdes Bersama Teman Sejati Kecamatan Teluk Mengkudu, Haryono dalam sambutannya mengucapkan terimah kasih atas kehadiran bapak Bupati yang diwakili oleh Asisten I dapat berkumpul dalam rangka peletakan batu pertama kantor BKAD dan Bumdes Bersama Teman Sejati Kecamatan Teluk Mengkudu

“Bahwa kami disini ada mengelola 2 mata anggaran yang pertama dana SPP peninggalan eks PNPM zaman Pak Susilo Bambang Yudhoyono Tahun 2014.

Dana yang kami terima terakhir adalah bermodalkan 890 juta yang di kelompok digulirkan 54 kelompok. Tahun 2018 ada 4 kepala desa yang bekerja sama dan menentukan modal Dana Desa sebesar 175 juta rupiah dan menghasilkan Rp 1.475.183 tahun 2018,” bilang Haryono

Menurutnya, Namun tahun 2019, dari 4 Kepala Desa menjadi 9 Kepala Desa yang total diterimah tahun 2019 sebesar Rp 900 juta dan menghasilkan Rp 33 juta. Artinya perubahan yang cukup signifikan dengan kepemimpinan Bapak Romian Parulian Siagian sehingga menghasilkan PADes sebesar Rp 55 juta.

Hal ini (PADes) nantinya bisa digunakan setelah pengesahan APBDes. Kami berharap nanti agar kedepan dapat membantu kami juga di Tahun 2020, karena di sini kami melayani masyarakat cukup banyak yang tidak terlayani,” ungkapnya

Sementara itu, Bupati Soekirman di wakili Asisten I Setdakab Sergai Nina Deliana Hutabarat S.Sos didampingi Kadis Pemberdayan Masyarakat Desa, H Ikhsan AP, M.Si mengatakan bahwa Kecamatan ini merupakan yang ke-5 setelah Kecamatan Sei Rampah, Bintang Bayu, Tebing Tinggi dan Pantai Cermin yang telah memiliki kantor sendiri di Kabupaten Serdang Bedagai.

Harapan kami dengan keberadaan kantor desa dan bumdes bersama ini hendaknya memberi warna dan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar baik dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Bupati Soekirman.

Soekirman menambahkan, perlu kita ketahui bersama bahwa program PNPM mandiri pedesaan berakhir sejak 31 Desember 2014, walaupun demikian program pengentasan kemiskinan masyarakat di pedesaan dilakukan melalui pelestarian dan pengembangan kelompok simpan pinjam perempuan SPP Eks PNPM dengan total dana bergulir pada tahun 2019 mencapai Rp. 18 miliar.

Sedangkan alokasi surplus dana penguliran untuk kegiatan sosial sebesar Rp 111 juta disalurkan kepada 1021 rumah tangga miskin dan siswa berprestasi dalam bentuk uang tunai atau sembako,” ujarnya.

Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada asosiasi BKAD, BKAD dan UPK di wilayah kabupaten Serdang Bedagai dan semua pihak yang telah bekerja keras untuk bersinergi dalam pembangunan masyarakat desa yang menyentuh langsung maupun tidak langsung dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

Kami berharap kedepannya apa yang telah dilakukan sekarang terus ditingkatkan dengan mengembangkan potensi yang ada di desa dan memanfaatkan teknologi.

“Kami mengucapkan selamat atas peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor BKAD dan Bumdes Bersama Kecamatan Teluk Mengkudu semoga berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan sehingga dapat selesai sesuai dengan rencanakan,” ungkap Bupati Soekirman.

Dalam kegiatan ini turut hadir Bupati Sergai Ir H. Soekirman diwakilikan oleh Asisten I Setdakab Sergai Nina Deliana Hutabarat S.Sos didampingi Kadis Pemberdayan Masyarakat Desa, H Ikhsan AP, M.Si, Camat Teluk Mengkudu Romian Parulian Siagian dan Muspika Kecamatan dan Kepala se Kecamatan Teluk Mengkudu. (Budi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait