Bupati-Wabup Tulungagung, Hadiri Tradisi Ulur-ulur Telaga Buret

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Guna melestarikan adat tradisi budaya dan kearifan lokal nenek moyang yang sudah turun-temurun dilaksanakan, Pemerintah Kabupaten Tulungagung senantiasa mendukung penuh Kegiatan positif yang diadakan oleh masyarakat.

Salah satunya pelestarian adat tradisi Ulur-ulur Telaga Buret Desa Sawo, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo bersama Wabup Gatut Sunu Wibowo beserta rombongan, Kepala Dinas terkait lingkup Pemkab Tulungagung, Forkopimcam Kecamatan Campurdarat/yang mewakili.

Selain itu, hadir pula Kepala Desa Sawo, Desa Ngentrong, Desa Gedangan, Desa Gamping beserta para perangkat, pinisepuh paguyuban Sendang Tirto Mulyo beserta anggota.

Dalam sambutannya, Bupati Maryoto Birowo menyampaikan, hari ini Jumat tanggal 9 Juni 2023, penanggalan Jawa Bulan Selo, masyarakat kasepuhan Sendang Tirto Mulyo dan masyarakat Desa Sawo, Gedangan, Ngentrong dan Gamping melaksanakan upacara adat tradisi Ulur-ulur Telaga Buret.

“Upacara adat tradisi Ulur-ulur Telaga Buret, sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat dan Karunia Tuhan Semesta Alam yang dilimpahkan kepada kita berupa air mengalir tiada henti dari Telaga Buret yang membawa manfaat bagi lahan-lahan pertanian masyarakat,” ungkapnya. Jum’at, (9/6/2023).

Lanjut Bupati, perlu diketahui bahwa adat tradisi Ulur-ulur merupakan kearifan lokal yang harus dijaga dan lestarikan. Bahkan, sudah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB ) pada Tahun 2020 lalu.

“Maka Pemkab Tulungagung akan senantiasa mendukung terselenggaranya kegiatan ini, baik secara materiil maupun moril,” lanjutnya.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Terimakasih telah mengadakan acara adat tradisi budaya Ulur-ulir ini, semoga kedepan akan lebih baik dalam kondisi masyarakat yang ayem, tentrem, mulyo lan tinoto,” ucap Bupati.

Diterangkan, nanti malam juga diadakan pagelaran Ketoprak dengan lakon “Lembu Peteng Mustikaning Tulungagung”.

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya Prosesi Adat Ulur-Ulur Tahun 2023,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait