Capaian Vaksinasi Di Kota Mojokerto Sudah Maksimal

  • Whatsapp

MOJOKERTO, beritalima.com | Percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Mojokerto ikut mendorong wilayah ini turun ke PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 1. Meski demikian, warga Mojokerto diminta untuk tidak abai dan tetap mematuhi ketentuan protokol kesehatan (prokes), agar Covid-19 benar-benar hilang.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, mengatakan, beberapa bulan sejak dikeluarkan Inmendagri 22 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk wilayah Jawa Bali, Kota Mojokerto berada pada level 3.

“Alhamdulillah sekarang masyarakat di Kota Mojokerto sudah melakukan vaksinasi semua dengan capaian sangat maksimal,” ujar Ita – panggilan akrab Ika Puspitasri, Rabu (20/10/2021).

Penilaian wilayah aglomerasi dihitung sebagai satu kesatuan dan untuk penilaian Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Seiring dengan pencapaian vaksinasi yang melebihi target, akhirnya Kota Mojokerto turun ke level 1 PPKM.

Selain Mojokerto, empat kota lain juga menyandang status yang sama, yakni Kota Surabaya, Kota Kediri, Kota Blitar, dan Kota Pasuruan.

Berdasarkan Inmendagri nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali, Gubernur dan Bupati/Walikota agar melaksanakan sesuai kriteria level situasi pandemi berdasarkan asesmen dan untuk melengkapi pelaksanaan PPKM tersebut.

Ita menjelaskan, penetapan level wilayah ini berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Ditambahkan, dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 dan vaksinasi dosis 1 lanjut usia di atas 60 tahun dari target vaksinasi.

Ita berharap masyarakat Kota Mojokerto untuk tidak euforia berlebihan. Terkait penerapan QR Code semua tempat pelayanan masyarakat, perkantoran, pusat perbelanjaan dan fasilitas umum, pihaknya sudah menempelkan QR Code peduli lindungi pada tempat-tempat tersebut. (Gan)

Teks Foto: Vaksinasi di Kota Mojokerto.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait