Cegah Diabetes dengan 6 Langkah Sederhana Ini

  • Whatsapp

beritalima.com | Diabetes menjadi penyakit ancaman di masa kini.  Dampak utama dari diabetes ini dapat menyebabkan kebutaan dan kegagalan ginjal. Bahkan sejumlah penelitian menyebutkan bahwa mereka yang terkena diabetes memiliki potensi tinggi juga terkena penyakit jantung dan beberapa penyakit kritis lainnya.

Padahal diabetes bisa kita hindari dengan cara yang mudah dan sederhana. Sekitar 90% kasus diabetes bisa kita hindari dengan memiliki gaya hidup sehat. Perubahan gaya hidup ternyata tidak hanya berpengaruh pada diabetes namun pada beberapa penyakit lain di masa mendatang.

Nah, dari pada terlambat yuk coba cara jitu dan sederhana mencegah diabetes.

  1. Memiliki berat badan ideal

Ciri berat badan yang sehat bisa kita lihat dari Indeks Massa Tubuh (IMT). Kita bisa tahu seberapa besar berat badan ideal kita yang diukur dari berat badan saat ini dan tinggi badan saat ini. Namun kebanyakan mereka yang terkena diabetes biasanya memiliki berat badan yang berlebih.

Obesitas bisa mengganggu kinerja metabolisme tubuh. Pada akhirnya sel-sel dalam tubuh tidak dapat merespon insulin dengan baik, sehingga resistensi insulin ini menyebabkan kita terkena diabetes tipe 2. Jika memiliki berat badan berlebih, usahakan untuk mendapat berat badan yang ideal. Karena berdasarkan penelitian NIH, risiko terkena diabetes tipe 2 akan berkurang 58% jika kita memiliki berat badan yang ideal.

  1. Perbaiki pola makan

Salah satu cara ideal dalam mencegah diabetes adalah dengan memperbaiki pola makan. Jika selama ini kita terbiasa memakan makanan yang berlemak, mengandung banyak gula, serta makanan siap saji maka kita harus mengubahnya dengan makanan yang lebih sehat dengan gizi seimbang.

Pastikan setiap kali kita makan, kita menyantap makanan sehat yang mengandung karbohidrat, serat, protein, lemak baik (lemak tak jenuh), mineral, serta vitamin.

Sayuran dan buah bisa menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik. Selain itu kandungan seratnya juga bagus bagi pencernaan kita. Jangan lupakan juga asupan protein yang bisa kita dapatkan dari tahu, telur, tempe, daging, serta ikan. Untuk karbohidrat cobalah untuk tidak berasal dari nasi putih saja, ada beberapa opsi lain seperti nasi merah, jagung, serta ubi jalar.

  1. Batasi porsi makan

Selain memerhatikan kandungan dan jenis makanan, kita juga perlu menjaga porsi makan. Terlebih bagi kita yang memakan nasi putih, karena mengandung banyak karbohidrat. Cara untuk menjaga porsi makan bisa kita lakukan dengan menggunakan piring yang lebih kecil dari biasanya. Kemudian cobalah untuk memakan sedikit demi sedikit saja, jangan malah memakan dalam porsi yang banyak dalam waktu singkat.

  1. Mengurangi gula

Makanan serta minuman manis memang menjadi favorit banyak orang. Namun jika kita mengonsumsi gula berlebih kita bisa terkena diabetes. Hal ini disebabkan karena kandungan gula sering kali menyebabkan kita untuk makan terus menerus, sehingga menyebabkan kenaikan berat badan atau obesitas. Padahal penyebab utama diabetes adalah kelebihan berat badan.

  1. Cobalah untuk rutin olahraga

Aktivitas fisik yang konsisten seperti olahraga ternyata bisa mengurangi risiko kita terkena diabetes. Tubuh yang aktif bergerak mampu membakar lemak dengan baik, sehingga sel-sel yang ada dalam tubuh tidak resisten terhadap insulin.

Usahakan untuk menyempatkan waktu 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Kita bisa melakukannya sepulan aktivitas seharian. Bisa juga olahraga kita lakukan pada pagi hari sebelum berangkat bekerja.

  1. Minum banyak air putih

Beberapa ahli menyebutkan bahwa minum air putih yang cukup selain mencegah dehidrasi bisa juga untuk mencegah diabetes. Air putih tidak mengandung gula, sehingga kadar gula dalam darah kita tetap stabil. Selain itu air putih malah membantu sel tubuh untuk lebih sensitif terhadap insulin.

Diabetes memang menjadi penyakit yang bisa berbahaya jika dibiarkan terus menerus. Tentu kita memerlukan sebuah perlindungan agar mengurangi dampak bahaya dari diabetes. Caranya adalah dengan mengikuti keanggotaan asuransi. Ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa ikuti mulai dari asuransi jiwa dan kesehatan. Kita bisa mengunjungi Lifepal untuk menemukan berbagai macam informasi mengenai asuransi.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *