Cegah PMK pada Sapi, Beri Suntikan Vaksin dan Vitamin

  • Whatsapp

SIDOARJO. Beritalima. Com | Menjelang Hari Raya Idul Adha, sejumlah hewan ternak di wilayah Kabupaten Sidoarjo mulai disuntik vaksin dan vitamin. Upaya ini untuk mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, Jumat (24/6/2022), pun turun langsung ke kandang peternak sapi, guna mengecek penyuntikan vaksin dan vitamin pada sapi yang diperuntukan hewan kurban pada saat Idul Adha nanti.

“Kita melaksanakan suntikan vitamin agar sapi yang akan digunakan sebagai hewan kurban ini tetap sehat,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro.

Secara berkala, tim satgas pangan mendatangi sejumlah kandang peternak sapi, bila dinyatakan sehat maka dapat dilakukan penyuntikan tersebut. Untuk sapi sehat ini, tim satgas pangan memberikan perhatian khusus karena akan digunakan sebagai hewan kurban.

Hari Santoso, pemilik kandang ternak sapi di wilayah Taman mengaku lebih tenang sapi sehat miliknya telah disuntik vaksin dan vitamin. Hatapannya sapinya sehat sehingga dapat memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban saat Idul Adha.

Selain memasifkan penyuntikan vaksin dan vitamin pada hewan ternak, tim Satgas Pangan Sidoarjo yang terdiri dari aparat gabungan TNI/Polri dan dokter hewan Dinas Pangan Pertanian Sidoarjo juga melakukan pembatasan lalu lintas angkutan hewan ternak. Sehingga virus PMK tidak semakin meluas. (Kus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait