Cek Disini, Launching Galeri IKM Yang Disebut Ketua Pertani Jatim Sebagai ‘Rest Area’

  • Whatsapp

Probolinggo, beritalima.com | Berlangsung Kamis (31/3/2022) kemarin, Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) bekerjasama dengan PT. POMI – Paiton Energy mengumumkan pemenang Lomba We Are Heroes yang launching Galeri IKM Kabupaten Probolinggo di Desa Sumberlele Kecamatan Kraksaan.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto beserta perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah, Manager CSR, Facilities & Security (CFS) PT POMI-Paiton Energy Bambang Jiwanto dan Ketua DPD Perempuan Tani HKTI Jawa Timur Lia Istifhama.
Lomba We Are Heroes dalam situasi pandemi Covid-19 yang digelar FKPS didukung PT. POMI-Paiton Energy ini merupakan bentuk aksi positif memutus mata rantai penularan virus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penanaman pohon sebagai bentuk aksi kepedulian terhadap lingkungan di area Galery IKM Kabupaten Probolinggo. Penanaman pohon di halaman Galeri IKM itu sendiri sebagai salah satu rangkaian kegiatan oleh FKPS dan PT. POMI-Paiton Energy. Prosesi peresmian Galeri IKM ini diawali dengan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan dengan pemotongan rangkaian bunga di pintu masuk Galeri IKM Kabupaten Probolinggo.

Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah mengungkapkan FKPS dan Perempuan Tani sebagai penyambung pembangunan di Kabupaten Probolinggo selalu berikhtiar dan mendorong terhadap pembangunan di Kabupaten Probolinggo yang bersifat partisipatif. Bahkan dapat mendorong masyarakat untuk berperan aktif terhadap pembangunan di Kabupaten Probolinggo.

“Kami jajaran FKPS serta FKKS menunjukkan dan membuktikan kiprah kami kepada masyarakat. Kegiatan We Are Heroes ini sebagai bentuk representasi bahwasannya pandemi ini akan berhasil dan berakhir diselesaikan dengan gerakan bersama masyarakat. Tentu atas support lapisan masyarakat bawah untuk bergerak dengan segala kesulitan yang dihadapi, kita tidak boleh lengah dan tidak boleh lalai serta berputus asa atas upaya program perempuan tani pula yang juga berperan aktif untuk mengembalikan perekonomian masyarakat yang lebih berdaya,” ungkapnya.

Menurut Mirrah, miniatur kecil Galeri IKM ini dilakukan untuk memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana kegiatan kolaborasi ini dari masyarakat untuk masyarakat. “Di tempat inilah akan lahir karya-karya yang hebat dan sebagai tempat belajar masyarakat. Selain itu terciptanya masyarakat yang sejahtera dan kami upayakan untuk bergiatnya ekonomi kerakyatan,” terangnya.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas upaya dari FKPS dan FKKS yang sudah menginisiasi kegiatan ini. Tetap istiqomah berjuang untuk peningkatan pembangunan di Kabupaten Probolinggo dan mendukung perekonomian masyarakat menjadi yang lebih sejahtera.

“Terima kasih kepada jajaran FKPS dan FKKS bekerjasama dengan PT. POMI-Paiton Energy yang telah mensupport terhadap pembangunan Kabupaten Probolinggo untuk terus berupaya dan berjuang mengangkat IKM-IKM di Kabupaten Probolinggo menjadi lebih baik dan sukses serta lebih meningkat perekonomian masyarakat,” katanya.

Sedangkan Manager CFS PT POMI-Paiton Energy Bambang Jiwanto menambahkan memang semua harus berjuang bersama-sama untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Tentunya ini sebuah kontribusi sebagai salah satu tujuan untuk mengangkat perekonomian masyarakat.
“Dengan adanya Galeri IKM ini diharapkan akan membawa manfaat yakni dapat mendorong UKM menjadi industri. Kami dari PT. POMI-Paiton Energy sudah melakukan pembinaan IKM/UKM dan melakukan berbagai macam tahapan,” ungkapnya.

Sedangkan ning Lia, seperti biasa, mengungkapkan akronim khusus. Kali ini ia mengungkapkan pentingnya produk IKM yang memiliki karakter dengan akronim IKM, yaitu Inovatif, kreatif, memenuhi standar ekspor.

“IKM yang memenuhi unsur inovatif, kreatif, dan memenuhi standar ekspor, tentu akan memiliki potensi pasar yang besar sehingga dapat terus berkembang. Hal ini akan menguatkan prinsip Ibu Gubernur Khofifah mengenai local product to global market. Jadi potensi lokal dapat masuk pada pasar internasional.”

“Oleh sebab itu, jika kita amati, Ibu Gubernur terus menggelorakan optimis Jatim Bangkit, yang salah satunya dari sektor ekonomi. Bahkan beliau secara rutin menggerakkan pelaku usaha dari Jatim untuk mengikuti misi dagang yang berlangsung setiap bulan. Dan tentunya, produk yang mengikuti misi dagang harus memenuhi prosedur dan kualifikasi khusus.”

Ning Lia pun menambahkan potensi gakeri IKM yang dilaunching di Kraksaan tersebut, sebagai ‘rest area’ di pinggir jalan Probolinggo.

“Lokasi Galeri IKM ini sangat strategis, yaitu di pinggir jalan propinsi. Galeri ini bukan hanya menyuguhkan produk IKM, melainkan juga terdapat fasilitas kamar kecil yang sangat membantu bagi pengendara jika ingin beristirahat. Desain galeri sangat menarik, terlebih telah dilakukan penanaman pohon, maka ini menjadi aset tempat rehat yang sejuk,” pungkasnya. (red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait