Cek Kondisi Banjir Kali lamong, Gus Yani Siap Tuntaskan Banjir Kali Lamong

  • Whatsapp
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) saat mengecek kondisi banjir di Gresik Selatan. (Khoiron)

GRESIK,beritalima.com-Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) mengecek kondisi banjir di wilayah Gresik Selatan Senin Sore (15/3/2021)

Gus Yani bersama Kepala BPBD Gresik Tarso Sagito mendatangi Setidaknya tiga lokasi terdampak banjir yaitu Dusun Sambiroto Desa Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang, Desa Karangan Kidul Kecamatan Benjeng dan Desa Guranganyar Kecamatan Cerme.

Setelah melihat di lokasi, Gus Yani merasa prihatin dengan keadaan banjir yang datang rutin tiap tahun. Dia-pun mengaku sudah menyiapkan kebijakan untuk menuntaskan permasalahan klasik tersebut.

“Untuk jangka panjang kami telah menyiapkan pembebasan jangka panjang. Tahun ini kita awali progres pebebasan lahan. Anggarannya telah digedog oleh DPRD sebesar lima puluh miliar. Penentuan lokasinya sudah disiapkan, dimana apabila sudah ada yang siap akan segera dibebaskan” ujarnya.

Untuk program jangka pendek, Bupati menunggu Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Pemerintah Daerah dengan Balai Besr Wilayah Sungai (BBWS). Dalam Mou ini ada pemberian kewenangan untuk menormalisasi sedimentasi Kali Lamong.

“Kita butuh MoU ini agar kita tidak disalahkan di kemudian hari. Setelah ada MoU kita tandatangani, kami akan mengerahkan alat berat untuk segera menormalisasi Kali Lamong” Tandasnya.

Selain melakukan kunjungan pada titik lokasi banjir di Kecamatan Balongpanggang, Benjeng dan Cerme Bupati juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak.

Kepada Bupati, Camat Balonganggang Yusuf Ansori mengatakan bahwa banjir saat ini cukup merata, biasanya banjir terjadi di wilayah Balongpanggang bagian selatan saja, namun kali ini banjir juga melanda wilayah Balongpanggang bagian utara mulai dari Desa Klotok, Wahas, Kedungdung dan Desa Balongpanggang.

Camat Benjeng Suryo Wibowo merasa senang dengan progres kebijakan yang disampaikan Bupati terkait Kali Lamong. Dia berharap kedepan Pemkab Gresik sukses dalam penangganan banjir tersebut. Sehingga warga masyarakat Kec. Benjeng tidak mengalami dampak banjir lagi akibat luapan kali lamong. (Moh Khoiron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait