Cerita Indonesia Kita, Ajak Remaja Pahami Keberagaman Budaya

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Budaya yang beragam itu indah. Mengambil tema gerakan Cerita Indonesia Kita, Clean & Clear pada Januari 2018 lalu, mengajak remaja Indonesia untuk merangkul indahnya keberagaman. Sebab, seiring dengan globalisasi dan kehadiran media sosial telah membuka akses terhadap berbagai informasi untuk dieksplorasi, remaja Indonesia banyak yang kurang memahami arti keberagaman dan pentingnya sikap toleransi.

“Setiap remaja itu unik dan jika mereka dapat memahami serta menghargai hal tersebut, maka mereka bisa menikmati hidup sepenuhnya dengan penuh percaya diri. Oleh karena itu, kami ingin gerakan Cerita Indonesia Kita ini dapat mengajak remaja puteri untuk merangkul dan menghargai keindahan dari keberagaman itu sendiri sebagai bagian dari kehidupan mereka dalam berbagai bentuk, seperti warna atau jenis kulit, etnis, budaya dan bahasa. Dengan keyakinan itu juga, kami berharap remaja ini dapat terus membawa serta menjaga nilai persatuan dan kesatuan Indonesia,” kata Rian Surachman, Brand Manager Clean & Clear Indonesia

Kompetisi Perjalanan Cerita Indonesia Kita, dimulai sejak tanggal 15 Agustus 2018 lalu dan terus berlangsung hingga tahun 2019 nanti. Melalui kompetisi ini, pihaknya ingin mengajak para remaja puteri untuk menjelajah ke berbagai daerah pariwisata lokal di Indonesia serta mengenal langsung kebudayaan di sana, agar mereka dapat memahami perbedaan dan pada akhirnya membantu mereka untuk dapat menerima dan menghargai diri sendiri serta lebih percaya diri untuk meraih potensi mereka masing-masing secara maksimal.

“Kompetisi ini akan mengangkat beberapa lokasi tujuan wisata lokal di Indonesia. Untuk lokasi yang pertama, kami telah memilih kota Yogyakarta, yang terkenal dengan keindahan alam serta adat budayanya yang masih kental. Kami akan mengajak para remaja puteri untuk mengunjungi situs pariwisata lokal, mempelajari budaya, serta berinteraksi dengan remaja puteri tuan rumah (host) serta penduduk setempat sehingga mereka benar-benar dapat merasakan nilai keberagaman secara langsung,” tambah Rian.

Selain itu, untuk menjangkau lebih banyak remaja puteri Indonesia secara langsung, Clean & Clear juga bekerja sama dengan SabangMerauke melakukan kunjungan ke beberapa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Surabaya. SabangMerauke adalah gerakan yang bertujuan untuk ikut serta merawat toleransi di Indonesia. Salah satu programnya adalah pertukaran pelajar antar daerah di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan semangat toleransi. Dalam kunjungan di Surabaya ini, memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai keberagaman dan nilai toleransi pada anak SMA/K agar dapat menumbuhkan rasa apresiasi mereka terhadap perbedaan serta rasa bangga menjadi bagian dari Indonesia.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tahun 2017, tambah Rian Surabaya merupakan salah satu kota terbesar yang menjadi tujuan tertinggi urbanisasi. Maka dapat dikatakan, kota ini merupakan kota yang sangat plural karena banyak sekali penduduknya yang berasal dari beragam etnis dan budaya, sehingga sikap toleransi sangat diperlukan untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, kami menggelar workshop ini di SMKN 6 Surabaya kepada lebih dari 100 siswi dari jurusan Usaha Perjalanan Wisata dimana nantinya mereka akan menjadi duta wisata Indonesia secara nasional maupun internasional dan dunia kerjanya di masa mendatang akan banyak berhadapan dengan keberagaman budaya. Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat persatuan kepada para siswi karena mereka adalah penerus bangsa.(hr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *