Cetak Kepsek Profesional, Bupati Salwa Buka Peningkatan Kompetensi Guru

  • Whatsapp
Bupati Bondowoso Salwa arifin mengalungkan tanda pengenal sebagai tanda di bukunya kompetensi guru. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Bupati Drs KH Salwa Arifin secara resmi membuka kegiatan peningkatan kompetensi guru dalam rangka penyiapan calon kepala sekolah Kabupaten Bondowoso yang digelar di Ballroom Hotel Ijen View Tamansari, Senin (18/4).

Kegiatan tersebut di inisiasi oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Bondowoso yang bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Bupati Salwa Arifin menyampaikan, pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam pembangunan bangsa. Sejarah menunjukkan bahwa kunci negara maju adalah tersedianya penduduk yang terdidik dalam jumlah, jenis, dan tingkat yang memadai.

“Salah satu faktor penting untuk meningkatkan kualitas suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh pemimpinnya. Demikian juga dengan sekolah, kualitas sekolah ditentukan oleh Kepala sekolahnya,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi, nomor 40 tahun 2021 menyebutkan bahwa guru dapat diberikan tugas sebagai Kepala sekolah untuk memimpin dan mengelola sekolah. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan transformasi pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

Disebutkan juga bahwa salah satu syarat untuk menjadi kepala sekolah guru harus memiliki sertifikat pendidik, serta memiliki sertifikat guru penggerak atau sertifikat calon kepala sekolah.

Menurutnya, untuk melaksanakan dan mengaplikasikan peraturan materi tersebut serta untuk memenuhi formasi kebutuhan kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso. Maka pihaknya menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Akan hal itu, Bupati Salwa berharap dengan dilaksanakannya kegiatan itu dapat membentuk calon-calon kepala sekolah yang profesional, kreatif, dan inovatif dalam menjawab tantangan pembangunan ke depan.

Karena tanggung jawab memajukan pendidikan serta menghasilkan anak-anak didik yang cemerlang di Kabupaten Bondowoso. “Jadilah pendidik yang profesional, serta mampu memecahkan hambatan dan tantangan kerja dimasa depan secara cepat dan tepat,” tandasnya.

Kepada para peserta, orang nomor satu di Bondowoso ini berpesan agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti setiap sesi pembelajaran sebagai bekal dimasa datang.

“Tak lupa saya mengajak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, teruslah waspada dalam menghadapi pandemi Covid-19,” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait