Choirul Anam Sebut Distribusi Logistik Merata di Kabupaten Kota

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
KPU (Komisi Pemilihan Umum) Jatim menggelar media gathering bertemakan “Pelaksanaan Metode Kampanye Rapat Umum Dan Iklan Serta Pemberitaan Penyiaran Pada Pemilu 2024” dengan mengundang lebih dari 80 media massa, baik cetak, online, maupun media elektronik.

Gathering tersebut dihelat di hotel Movenpick jalan A Yani Surabaya, Senin (18/12/2023). Ketua KPU provinsi Jatim Choirul Anam menegaskan bahwa distribusi logistik Pemilu 2024, saat ini sudah dikirim ke seluruh kabupaten dan kota, kecuali surat suara.

Pria berparas tampan yang selalu tampil penuh energik ini memastikan, bahwa logistik Pemilu seperti kotak suara, bilik suara, tinta suara, segel, segel plastik, hingga alat coblos, sudah 100 persen berada di gudang logistik KPU kabupaten dan kota masing-masing se-Jawa Timur.

“Yang masih belum adalah surat suara. Surat suara ini karena kemarin baru clear semua terkait daftar calon tetap,” tegasnya.

Menurut Anam, untuk surat suara yang sudah mulai distribusikan adalah surat suara untuk pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sedangkan untuk suara suara pemilihan DPRD, DPR RI, maupun Presiden, masih dalam proses produksi.

Anam menargetkan, untuk surat suara yang masih dalam proses produksi, sudah terdistribusikan 100 persen ke KPU kabupaten /kota pada pertengahan Januari 2024. Karena untuk surat suara nantinya masih harus dilakukan sortir dan melipat yang membutuhkan waktu lebih lama.

“Mudah-mudahan pada pertengahan Januari semua sudah terkirim di gudang-gudang logistik KPU kabupaten kota. Mengingat untuk surat suara ini masih dibutuhkan sortir maupun juga melipat,” sambungnya.

Anam memastikan, hingga saat ini belum ada laporan terkait logistik Pemilu 2024 yang mengalami kerusakan saat tiba di gudang logistik KPU kabupaten dan kota. Biasanya logistik yang sering terdapat kerusakan adalah surat suara.

“Sedangkan logistik yang lain ini tetap kita inventarisir dan kita sekarang ada silog.kpu.go.id jadi kami bisa memantau secara realtime,” terangnya.

Anam mengungkapkan jika daerah yang menjadi prioritas pengiriman logistik Pemilu 2024, adalah daerah-daerah yang berada di wilayah kepulauan. Utamanya di Kabupaten Sumenep, Madura, dimana terdapat 116 pulau.

“Jadi seluruh logistik Pemilu kita prioritaskan untuk kawan-kawan di Sumenep yang kepulauan. Sedangkan yang lain saya kira mudah untuk distribusinya,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait