Cicipi Kuliner Khas Solo yang Menggugah Selera Ini, Bikin Laper Terus!

  • Whatsapp

Liburan tidak harus ke luar negeri, di Indonesia sendiri Anda bisa mengunjungi berbagai kota wisata yang juga tidak kalah keren dan fantastis. Solo adalah salah satu rekomendasi kota wisata yang wajib Anda masukkan ke dalam daftar destinasi liburan Anda.

Anda bisa membeli tiket pesawat dari Jakarta tujuan Solo, dan juga tiket pesawat Solo-Jakarta dengan mudah hanya di Traveloka. Proses pemesanannya praktis, cepat, dan juga Anda bisa mengajukan refund atau reschedule jika diperlukan.

Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai kuliner khas Solo yang wajib Anda coba selama berkunjung ke Kota Solo. Penasaran apa saja rekomendasi kulinernya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Kuliner Khas Solo

Solo memiliki banyak pilihan kuliner dengan cita rasa yang khas. Ada berbagai pilihan jenis kuliner yang tentunya tidak mudah Anda temukan di tempat lain. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi kuliner khas Solo yang wajib untuk Anda coba!

1.   Selat Solo

Rekomendasi pertama yaitu Selat Solo. Selat Solo adalah salah satu menu kuliner khas Solo yang mempunyai cita rasa mirip dengan steak. Menu makanan yang satu ini terbuat dari daging semur dan disajikan lengkap dengan sayuran seperti buncis, wortel, dan daun selada.

Selain itu, dalam isiannya juga dilengkapi dengan kuah encer yang mempunyai cita rasa manis. Selat Solo ini bersifat mengenyangkan, penyajiannya juga sangat cantik sehingga bisa dijadikan sebagai menu makan malam yang spesial.

2.   Tengkleng Klewer

Menu kuliner selanjutnya adalah tengkleng klewer. Tengkleng adalah hidangan khas Solo yang mempunyai tampilan mirip dengan gulai, karena mengandung daging kambing. Dahulu, tengkleng ini identik sebagai makanan orang kurang mampu, karena hanya mengandung tulang dengan sedikit daging.

Kini, tengkleng klewer menjadi salah satu menu kuliner khas Solo yang selalu dicari keberadaannya oleh para wisatawan. Biasanya, tengkleng klewer juga disajikan menggunakan alas daun pisang.

3.   Sate Kere

Rekomendasi menu kuliner khas Solo selanjutnya adalah sate kere. Sate kere ini terbuat dari tempe gambus dan jeroan sapi. Seperti sate-sate pada umumnya, satu porsi sate kere ini disajikan lengkap dengan bumbu kacang dan lontong yang sudah dipotong-potong.

Jika Anda berminat untuk mencoba sate kere di Solo, Anda bisa berkunjung ke warung makan sate kere Yu Rebi yang terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo. Warung ini buka dari jam 10.00 hingga 21.00 WIB.

4.   Serabi Notosuman

Serabi Notosuman merupakan salah satu menu kuliner yang cukup melegenda. Serabi ini sudah ada sejak tahun 1923 yang lokasinya di Jl. Mohammad Yamin No.28, Solo. Tetapi, saat ini warung Serabi Notosuman sudah memiliki cabang di berbagai daerah.

Serabi yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan, lalu diaduk menjadi adonan. Kemudian, adonan serabi dimasak di atas cetakan yang terbuat dari tanah liat dan dimasak di atas tungku seperti serabi pada umumnya.

5.   Timlo Solo

Rekomendasi selanjutnya ada Timlo Solo. Ini adalah menu makanan khas Solo yang berwujud kuah-kuahan. Sajian sup ayam yang satu ini memiliki tampilan tidak berwarna atau bening. Namun, mempunyai topping yang cukup lengkap.

Topping isian timlo solo ialah sosis solo, telur pindang, hati, dan potongan ampela ayam. Bentuknya memang mirip dengan soto bening pada umumnya, Anda bisa menambahkan sambal dan kecap untuk menambah cita rasa yang nikmat.

6.   Gudeg Ceker

Jawa Tengah terkenal akan menu khasnya yaitu gudeg, gudeg ceker adalah salah satu menu khas Solo yang sudah terkenal sejak tahun 1970-an. Ini merupakan gudeg yang terdiri dari ceker ayam kampung, nasi gurih, sambal krecek, dan kuah kaldu.

Gudeg ceker mempunyai cita rasa yang unik manis dengan sedikit gurih. Hal yang membuatnya menjadi gurih karena ada santan di dalamnya. Harga dari gudeg ceker ini pun terbilang murah mulai dari Rp10.000 an saja.

7.   Nasi Pecel

Terakhir, ada nasi pecel. Nasi pecel yang enak di Solo ialah Warung Nasi Pecel Bu Kis, yang lokasinya ada di Jl. Gleges, Priyobadan, Solo. Selain nasi pecel, warung Bu Kis juga menjual aneka makanan lainnya yang termasuk salah satunya sambal tumpeng.

Nasi pecel dan sambal tumpeng sangat cocok dipadukan menjadi satu. Warung pecel bu Kis ini buka mulai dari pukul 07.00 pagi hingga 14.00 siang saja. Jadi, sebaiknya Anda segera datang berkunjung sebelum kehabisan.

 

Itu dia pembahasan mengenai beberapa rekomendasi menu kuliner khas Solo yang wajib Anda coba. Berlibur ke Solo memang sangat menyenangkan, terutama dalam hal wisata kulinernya.

Untuk berlibur ke Solo, Anda bisa pesan tiket pesawat di Traveloka. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dan tentunya perjalanan liburan Anda bisa lebih hemat!

beritalima.com

Pos terkait