Cuaca Ektrim Harga Ikan di Abdya Tinggi

  • Whatsapp

ACEH BARAT DAYA (ACEH) Beritalima.com- Harga ikan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melonjak tinggi dari harga sebelumnya. Hal tersebut dipicu cuaca buruk yang melanda wilayah setempat sejak sepekan terakhir.

“Harga ikan mahal sekali mencapai Rp 50 ribu pekilogram,” kata salah seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) Riana (35) asal Blangpidie yang ditemui wartawan Rabu (31/5) di Iklan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga, Susoh.

Menurutnya, harga ikan basah ukuran sedang yang biasanya Rp 20 ribu per kilogran kini sudah naik menjadi Rp 50 ribu perkilogram.”Rata-rata harga ikan naik hampir mencapai 70 persen perkilogramnya,” tutur Riana.

Sehingga tambahnya, sangat memberatkan bagi pembeli karena harga begitu mahal apalagi dalam bulan puasa.”Sangat memberatkan, apalagi ikan menjadi menu utama berbuka puasa,” imbuh Riana.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang pedagang ikan di komplek PPI Ujung Serangga, Susoh, M.Juman (45) menurutnya, tingginya harga jual ikan disebabkan oleh faktor cuaca yang ekstrim yang terjadi di Abdya.

“Benar harga ikan basah tinggi saat ini, karena cuaca yang tidak mentu sehingga berdampak pada harga ikan,” jelasnya.

Selain itu tambahnya, permintaan ikan diawal ramadhan juga tergolong tinggi sehingga mempengaruhi harga.

“Nelayan enggan melaut, sementara permintaa ikan tinggi otomatis harganya juga tinggi,” jelas M. Juman. (Julida Fisma)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *