DANDIM Awasi Langsung Proses Evakuasi Material Longsor di Weda

  • Whatsapp

Ternate, 11 Oktober 2016

Autentifikasi Nomor : B/038-PEN/IX/2016

DANDIM AWASI LANGSUNG PROSES EVAKUASI MATERIAL LONGSOR WEDA

Ternate (11/10), Komandan Kodim 1505/Tdr Letkol Inf Harrisal Ismail Subing memantau langsung proses evakuasi material longsor yang menutupi akses jalan trans sofifi-weda tepatnya di Gunung Golkar Desa Kusu Kec. Oba Utara Kota Tidore Kepulauan.

Longsor sendiri yang terjadi pukul 09.00 WIT diakibatkan curah hujan dengan intensitas yang tinggi dari pagi hingga petang mengakibatkan terjadinya longsor material tanah hingga setinggi 5 meter yang menutupi jalan utama trans Sofifi-Weda hingga jalan vital yang menghubungi ibu kota provinsi Malut dengan Kab. Halteng tersebut tidak dapat dilewati, atas kejadian tersebut Camat Oba Utara berkordinasi dengan Pemkot Tikep hingga kemudian Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Malut menurunkan 1 alat berat Heksavator dan 4 Dump Truck. Proses evakuasi material longsor tersebut disaksikan langsung oleh Dandim 1505/Tdr Letkol Inf Harrisal Ismail Subing, Kapolres Tikep AKBP Edi Purwanto, Perwakilan Dinas PU Prov. Malut, Camat Oba Utara, Danramil Sofifi dan Kapolsek Sofifi. Kegiatan evakuasi sendiri berlangsung selama 2 jam dan pukul 11.40 WIT dan akses jalan tersebut dapat kembali dilintasi oleh pengendara.

Ditempat terpisah Kapenrem 152/Bbl Mayor Inf Anang Setyoadi, SE menyampaikan bahwa longsor yang terjadi diakibatkan curah hujan yang tinggi dengan jangka waktu yang lama sehingga mengakibatkan terjadinya pergerakan tanah atau longsor seperti yang terjadi di Kec. Oba Utara tersebut, mengingat pada akhir-akhir ini wilayah Maluku Utara sedang mengalami musim hujan akibat fenomena alam La Nina sehinggq diprediksi akan mengalami musim penghujan sepanjang tahun, oleh karenanya kami 0menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku Utara untuk tetap waspada terutama yang tinggal berdekatan dengan tebing-tebing tinggi rawan longsor dan apabila menemukan adanya pergerakan tanah di dekat pemukiman warga yang dapat menimbulkan terjadinya longsor agar segera melaporkan kepada dinas terkait untuk menghindari jatuhnya korban j

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *