Dandim Gembleng Kedisiplinan dan Wawasan Kebangsaan Maba UPM Probolinggo

  • Whatsapp

Probolinggo,- Komandan Kodim (Dandim) 0820/Probolinggo Letkol Inf Hendhi Yustian Danang Suta gembleng materi kedisiplinan dan wawasan kebangsaan pada 579 mahasiswa baru (Maba) Universitas Panca Marga (UPM) Probolinggo. Sabtu (10/09/2016).

 

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari tanggal 10 hingga 11 September 2016, yang bertempat di Aula Makodaim 0820/Probolinggo. Jl. Raya PB Sudirman No 57 Mayangan Kota Probolinggo, Jawa Timur,


Dandim 082
0/Probolinggo Letkol Inf Hendhi Yustian Danang Suta menyampaikan bahwa para mahasiswa baru Universitas Panca Marga dibimbing di Makodim 0820 bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan mempunyai wawasan kebangsaan/bela negara serta dapat menciptakan Jiwa Patriotisme/Nasionalisme kepada para calon Mahasiswa UPM,” terangnya.

 

Dandim berharap agar para peserta dapat melaksanakan kegiatan dengan rasa gembira serta konsentrasi  dan tidak mempunyai beban agar apa yang diberikan oleh pelatih/pembimbing dapat diterima dan diaplikasikan di lingkungan kampus maupun masyarakat luas.

.

Ditempat yang sama, Pabandya Bhakti TNI Sterdam V/Brawijaya, Letkol Inf Drs. Didi Suryadi, MAP menyampaikan materi tentang  wawasan kebangsaan dan bela negara.    

 

Letkol Didi Suryadi menyampaikan “Perjalanan Kemerdekaan Indonesia sudah mencapai 71 Tahun, hal tersebut dicapai oleh para pejuangan dan seluruh komponen masyarakat dalam Bela Negara.  Sikap dan perilaku sebagai warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara, kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara.

 

“Spektrum Bela Negara itu sangat luas, dari yang paling halus hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata” ujar Letkol Didi Suryadi.

 

Ditambahkan, bahwa sebagai warga negara dalam upaya bela Negara memiliki tiga prinsip, yakni Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah, Keselamatan Bangsa, juga memiliki lima unsur yaitu Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara. Rela berkorban untuk bangsa dan negara serta kemampuan awal bela negara, hal tersebut yang dilandaskan pada Yuridis UUD 1945 pasal 27 (3).

“Yaitu setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, dan juga pada Pasal 30 (1), yakni tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Yayasan Panca Marga Probolinggo H. Suprijono, Rektor dan Para Dosen UPM Probolinggo, para pendamping dan pelatih dari Kodim 0820/Probolinggo.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *