Debat Puplik putaran ke Tiga Empat Paslon Pilkada Touna Berjalan Lancar

  • Whatsapp

Ampana, beritalima.com| Debat publik putaran ke tiga yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Tojo Unauna dengan tema menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional, memperkokoh negara kesatuan republik Indonesia dan kebangsaan, serta kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan pengendalian Corona Virus Disiase 2019 (covid -19) di laksanakan di Hotel Green Pink, Sabtu (14/11/2020).

Ketua KPU kabupaten Tojo Una Una dalam sambutanya mengatakan debat publik putaran ke tiga ini untuk pasang calon bupati dan wakil bupati Touna, tahun 2020,merupakan sala satu upaya untuk menyebar luaskan visi dan misi serta program kerja pasangan calon kepada masyarakat.

Dia tambahkan, Dengan adanya debat publik antara pasangan calon dapat memberikan informasi yang konfrensif sebagai sala satu perkembangan masyarakat dalam menentukan pilihanya.

Dalam debat publik putaran terakhir ke empat pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Touna menyampaikan program dan visi misinya untuk memimpin Touna lima tahun ke depan.

No urut 1 (Satu) pasangan calon Admin AS Lasimpala dan Moh Baedhawi A, Abdulah visi dan misi penguatan desa menuju kabupaten Tojo Una Una yang berdaya saing, (desa kuat,daerah berdaya). Optimalkan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia di pedesaan untuk sejahtrakan masyarakat, mampu mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki, sejajar dengan daerah maju lainya, memiliki banyak karya inovatif.

Menurun angka kemiskinan secara periodik dari waktu ke waktu, meningkatkan index pembagunan manusia (IPM) secara siknifikan, melalui faktualisasi kinerja seluruh organisasi pemerintah daerah, tersediaan lapangan kerja secara menyeluruh yang di topang oleh sumberdaya manusia yang unggul, kreativ dan inovatif,peningkatkan pedapatan asli daerah dengan derajat finansial di sentrallisasi yang rendah.

Penyelenggaraan tatakelolah pemerintahan yang bersih berwibawa dan inovatif, peningkatan pelayanan dasar yang bermutu bagi masyarakat,optimalisasi pelayanan bagi masyarakat melalui pelayanan masyarakat tanpa jeda,penyediaan infrastruktur publik yang memadai dan efektif, pengembangan potensi wisata menuju peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan upaya pengelola sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat, penukaran kapasitas sumberdaya masyarakat pedesaan dan mendorong iklim usaha dan infestasi yang berbasis pada potensi ekonomi daerah.

No urut 2 (Dua) pasangan calon Rendy M Afandy Lamadjido dan Hasan Lasiata visi dan misi, mewujudkan Kabupaten Tojo Una Una sebagai daerah destinasi yang religius dan moderen. Meningkatkan kemandirian ekonomi rakyat dengan menggerakan sektor potensial daerah,meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

Memperkuat tatakelolah pemerintahan yang adil efektif dan transparan dan mewujudkan masyarakat yang religius tentram dan dinamis.

No urut 3 (tiga) pasangan calon Mohhamad Lahay dan Ilham Visi dan misi, terwujudnya Kabupaten Tojo Una Una tqngguh maju dan sejahtera, mewujudkan seluruh masyarakat dan aparatur pemerintah yang tangguh secara sosial, ekonomi, lingkungan dan pemerintahan.

Mewujudkan pembangunan wilayah yang berkembang dan maju untuk keluar dari ketertinggalan daerah, mengebangkan trisula pembangunan ekonomi yang bertumpu pada sektor pertanian, perikanan, kelautan dan pariwisata yang berkelanjutan.

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dengan bertumpu pada kualitas sumber daya manusia, mewujudkan aparatur dan sistim pemerintahan yang profesional untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berbasis pada sistim cerdas (SEMART REGION).

No urut 4 (Empat) pasangan calon Suprapto DG situru dan Moh Afnan Rachmat Visi dan misi, mewujudkan pembangunan daerah berbasis desa menuju kehidupan yang sejahtera bermartabat di Kabupaten Tojo Una Una.

Pengembangan potensi sumber daya desa dengan prinsip pemerataan, persamaan, derajat dan keadilan sosial, penataan kelembagaan ekonomi dan sektor unggulan desa berbasis agribisnis, meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui pendidikan formal dan non formal yang prima.

Tatakelolah pemerintahan daerah yang baik (good governance) bersih dan amanah, peningkatan kualitas pelayanan publik yang merata, mudah dan murah.

Penguatan idetintas lokal yang bermartabat melalui pengembangan dan elestarian nilai sosial budaya dalam bingkai keagamaan dengan toleransi yang kuat.

Pengembangan sektor unggulan, khusus pesisir kelautan dan pulau-pulau, penyelesaian pemantapan secara bertahap infrastruktur jalan kantong-kantong produksi dan jalan usaha tani dan peningkatan anggaran pemberdayaan masyarakat diberbagai sektor pemberdayaan.

beritalima.com

Pos terkait