Desa Cempaka Timur Fokuskan Kesehatan Masyarakat dan Pembangunan

  • Whatsapp

Lampung Utara Beritalima.com

Program Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat ke daerah-daerah terpencil sangat membantu dan bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat di pedesaan.

Seperti halnya di Desa Cempaka Timur, Kecamatan Sungkai Jaya, Kabupaten Lampung Utara. Program pembangunan desa melalui Dana Desa (DD) 40 % tahap awal Tahun Anggaran 2020 dipergunakan dan fokuskan untuk penanganan Covid 19 dan pembangunan fisik Padat Karya Tunai (PKT). Hal itu diungkapkan Kepala Desa Cempaka Timur Rozi didampingi warga setempat Darno, Suratman dan Bisrik serta Herman salah satu warga yang telah terdata dalam calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT). Rabu (6/5/2020).

Darno beserta warga lainnya, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa, yang telah mengikuti anjuran pemerintah dengan memprioritaskan anggaran DD 40 % tahap awal tahun 2020 guna penanganan Covid 19 dan pembangunan fisik berupa pagar Paud dan polindes yang letak bangunan nya bersebelahan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pak kades yang telah memprioritaskan pembangunan di desa kami dengan adanya pembangunan ini diharapkan supaya desa kami bisa lebih maju lagi,” ucap Darno.

Hal serupa disampaikan oleh Hirul selaku relawan Covid-19 desa setempat. Dirinya mengatakan dalam penanganan Covid-19 ini pihak desa telah melakukan penyemprotan cairan desinfektan, membagikan masker serta sabun cair untuk cuci tangan yang disalurkan langsung kepada warga secara door to door.

www.beritalima.com

Sementara itu Rozi selaku Kades Cempaka Timur mengatakan bahwa pihaknya serius dalam menangani Covid-19 dan melaksanakan kegiatan fisik PKT agar paud dan polindes dengan tinggi ukuran 1,5 meter serta panjang sekitar 90 meter, dan pagar kantor desa bagian belakang kantor setinggi 3,5 dan samping kiri kanan kantor setinggi 1,5 dengan panjang masing-masing ukuran 25 meter.

“Selain membangun kegiatan fisik kami juga menyemprotkan cairan desinfektan diseluruh rumah warga, kemudian membagikan masker sebanyak 1080 pcs, dan juga membagikan galon untuk cuci tangan beserta sabun cairan nya di sarana fasilitas umum,” jelas Kades Cempaka Timur Rozi.

Rozi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Cempaka Timur agar di tengah pandemi Covid 19 saat ini, di harapkan kepada masyarakat agar dapat mematuhi segala anjuran pemerintah, seperi tidak melakukan perjalanan di luar kota, menghindari dari keramaian yang berpotensi penyebaran Covid 19, memakai masker apabila keluar rumah, serta biasakan pola hidup bersih dan sehat sesuai dengan anjuran pemerintah seperti mencuci tangan mengunakan sabun antiseptik setelah melakukan aktivitas di luar rumah maupun di luar rumah.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Cempaka Timur agar dapat merawat seluruh hasil pembangunan di desa ini, karena menjaga dan merawat hasil pembangunan adalah tugas kita bersama, kalau bukan kita yang merawat hasil pembangunan siapa lagi.” tutup Kades Cempaka Timur, Rozi. (salman)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait