Desa Kedungcangkring Juara I Sido Resik Raih Hadiah 100 Juta dan 1 Unit Mobil Pickup

  • Whatsapp

SIDOARJO. Beritalima. Com | Tahapan demi tahapan penilaian lomba Sidoarjo Revitalisasi Fungsi Kali/Sido Resik 2023 sudah dilakukan. Terdapat 10 peserta yang kemarin lolos sebagai nominasi. Penilaian sudah melalui dua tahap. Hasilnya tim juri memutuskan juara pertama lomba kebersihan sungai itu diraih oleh Desa Kedungcangkring Kecamatan Jabon, juara kedua diraih Desa Gempolsari Kecamatan Tanggulangin dan juara ketiga diraih Desa Kemantren Kecamatan Tulangan.

Pengumuman pemenangan dilakukan pada acara Awarding Lomba Sido Resik 2023 di Alun-alun Sidoarjo, Minggu pagi, (24/12). Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali serta Ketua DPRD Sidoarjo Usman dan Ketua TP.PKK Sidoarjo, Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor selaku Ketua Dewan Juri Sido Resik 2023 hadir dalam kesempatan itu.

Selain trofy juara, para pemenang berhak mendapatkan uang pembinaan serta 1 unit mobil pick up. Juara pertama mendapatkan uang pembinaaan sebesar Rp. 100 juta serta 1 unit mobil pick up, juara kedua juga mendapatkan uang pembinaaan sebesar Rp. 80 juta dan juga 1 unit mobil pick up dan juara ketiga mendapatkan uang pembinaaan sebesar Rp. 60 juta dan 1 unit motor yang disumbang bupati Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu mengatakan aspek keberlangsungan program Sido Resik sangatlah penting. Para pemenang lomba Sido Resik diharapkan tidak berhenti merawat wisata sungainya. Ia tidak ingin keberadaan wisata sungai Sido Resik redup setelah program Sido Resik tersebut usai.

“Aspek kontinuitas ini menjadi penting, baik hari ini, baik hari esok, baik seterusnya sehingga tahun 2024 Sido Resik berubah lagi,”ucapnya.

Gus Muhdlor mengatakan bahwa spirit awal program Sido Resik adalah menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Terutama terhadap sungai yang dimilikinya. Lewat program yang digagas Ketua TP.PKK Sidoarjo, Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor tersebut diharapkan prilaku masyarakat dalam mencintai sungainya dapat tumbuh. Dengan begitu kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah disungai akan meningkat.

“Spirit awal Sido Resik ini adalah kita bangun orangnya (SDM nya), bukan bangun fisiknya yang setelah tuntas bubar sendiri-sendiri,”ujarnya.

Semenatar itu penilaian lomba Sido Resik 2023 sendiri berdasarkan empat aspek penilaian. Yakni aspek kelembagaan, obyek fisik saluran air, kesadaran dan tanggung jawab masyarakat serta aspek sosial ekonomi.

Aspek Kelembagaan meliputi bagaimana kolaborasi seluruh stakeholder dalam menghadirkan wisata Sido Resik yang nantinya akan menjadi ikon wisata desa di Sidoarjo. Sedangkan penilaian aspek obyek fisik saluran apa pada pemiliharaan obyek fisik saluran dengan kolaborasi seluruh elemen warga masyarakat.

Seperti halnya pemeliharaan sungai dari permasalahan sampah. Untuk aspek kesadaran dan tanggung jawab di Sido Resik 2023 adalah munculnya kesadaran dan tanggung jawab akan pentingnya fungsi sungai yang pengelolaannya harus berkelanjutan.

Pada aspek sosial dan pertumbuhan ekonomi masyarakat adalah ada pada tumbuhnya sosial ekonomi dampak dari kehadiran Sido Resik dimasing-masing 10 Desa Nominasi tahun 2023 ini.

Dari data Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBM SDA) Sidoarjo, jumlah sungai di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 96 saluran sungai yang bergantung pada Dam Rolak Songo Mojokerto.

Rinciannya 48 irigasi dan 48 afvoer yang tersebar di seluruh Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Melihat jumlah sungai yang ada, wisata air di Kabupaten Sidoarjo dapat menjadi potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo.

Dalam Sido Resik 2023 kali ini juga disampaikan pemenang juara harapan yang diraih oleh Desa Penambangan Kecamatan Balongbendo sebagai juara harapan pertama, kedua Desa Kalisampurno Kecamatan Tanggulangin dan juara harapan ketiga diraih Desa Sumorame Kecamatan Candi.

Selain itu juga diumumkan pemenang lomba yel-yel lomba Sido Resik 2023 berdasarkan beberapa kategori. Antara lain Kampung Kreatif diraih Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono, Kategori Konten Media diraih Desa Keboansikep Kecamatan Gedangan serta Kategori Bank Sampah TPS 3R diraih Desa Sedatigede Kacamatan Sedati dan Kategori Wisata Edukasi diraih Desa Jedongcangkring Kecamatan Prambon. Dalam kesempatan itu juga diumumkan Lomba Fotografi dan videografi terbaik yang diikuti masyarakat umum.

Program Sidoarjo Revitalisasi Fungsi Kali atau Sido Resik 2023 yang digelar Pemkab Sidoarjo untuk kedua kalinya tersebut dilaksanakan Dinas PUBM SDA Sidoarjo bersama TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, Lintang Songo Foundation yang disupport beberapa perusahaan dan media. (Kus)

beritalima.com

Pos terkait