Desa Penjor Salurkan BLT DD Tahap Dua Tahun 2023

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Kucuran anggaran dana dari Pemerintah pusat berupa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap 2 tahun 2023, sudah bisa direalisasikan dan diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Seperti halnya, Desa Penjor, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, hari ini menyalurkan dan merealisasikan bantuan tersebut kepada warga masyarakat untuk bulan April – Juni 2023.

Namun, bantuan BLT DD Desa Penjor tahun ini berbeda dengan tahun-tahun lalu, dikarenakan jumlah KPM yang mendapat kan bantuan berkurang hampir setengah.

Tarno selaku Kepala Desa Penjor menyampaikan, Tahun 2023 ini, pihaknya menyalurkan BLT DD sebanyak 22 orang dan turun hampir setengah dari tahun lalu.

Menurutnya, roda perekonomian masyarakat Penjor saat ini dirasa sudah mulai bangkit, pulih dan stabil pasca wabah pandemi covid-19 melanda daerahnya beberapa tahun terakhir.

Terbukti, masyarakat Desa Penjor sudah bisa melakukan aktifitas seperti semula dan bekerja seperti biasa, bahkan sudah banyak juga yang bekerja kembali ke luar daerah atau merantau.

‘Untuk sistem pemberian BLT DD masih sama seperti tahun lalu, diberikan langsung tiga bulan sekali. BLT DD, kami berikan langsung tiga bulan sekaligus sesuai instruksi dari DPMD. Jadi, setiap KPM menerima 900 ribu setiap tiga bulan sekali,” ucap Tarno. Senin, (10/4/2023).

Ditambahkan, penyaluran BLT DD saat ini memasuki tahap ke 2 yakni, Bulan April sampai Juni 2023. Penerima tahun ini sejumlah 22 KPM, ini berkurang hampir setengah dibanding tahun 2022 yakni, sebanyak 42 KPM.

Pihaknya juga berpesan, agar bantuan bisa bermanfaat dan digunakan sebaik mungkin. Dapat digunakan untuk membeli sembako atau kebutuhan bahan pokok lainnya.

“Kami menganjurkan, untuk dibelikan kebutuhan bahan pokok guna menunjang kehidupan sehari-hari. Melarang dan tidak mengizinkan untuk membeli yang tidak semestinya, seperti, perhiasan atau HP,” pesan Kades.

“Aturan dari Pemerintah sudah jelas, untuk dibelikan sembako atau kebutuhan pokok yang sifatnya mendesak. Masyarakat Desa Penjor khususnya yang menerima BLT DD, mereka mayoritas ekonominya menengah ke bawah,” tutupnya.

Sementara itu, Purbo Bhabinkamtibmas Desa Penjor menambahkan bahwa, bantuan yang diberikan oleh pemerintah, hanya dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pokok setiap hari.

Bantuan ini sifatnya untuk kebutuhan primer bukan sekunder, yakni, memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, jadi jangan dialihfungsikan.

“Diutamakan untuk memenuhi kebutuhan primer seperti sembako atau lainnya yang sifatnya mendesak atau harus dibeli,” tambah Purbo.

Lanjutnya, jangan sampai dibelikan barang yang tidak terlalu dibutuhkan dan hanya mengejar keinginan, seperti perhiasan, Hp atau yang tidak terlalu perlu, apalagi hanya untuk bersenang-senang.

“Jangan sampai menimbulkan gejolak di lingkungan sekitar, mentang-mentang dapat batuan langsung dibelikan hp, atau perhiasan baru. Bagaimana menyiasati dan menggunakan bantuan yang sudah diberikan, silahkan bagaimana baiknya,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait