beritalima.com

Dewan Jatim Siapkan Anggaran Rp 100 M Untuk Tanggulangi Bencana

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com |
Musim penghujan yang rawan dengan bencana, ternyata sudah diprediksi oleh DPRD provinsi Jatim. Karena itu,
memasuki awal 2021, DPRD provinsi Jatim menyiapkan dana darurat sebesar Rp 100 miliar untuk kebutuhan bencana alam di provinsi Jatim. Anggaran yang tersimpan di APBN provinsi Jatim ini, akan terpakai jika terjadi bencana di wilayah provinsi Jatim.

Ketua DPRD provinsi Jatim Kusnadi SH MHum menegaskan, kebutuhan anggaran itu sudah disiapkan. Karena itu diposkan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim.
“Kita sudah mengalokasikan anggaran Rp 100 miliar ke BPBD, anggaran tersebut dipergunakan untuk kebutuhan yang terkait dengan bencana dan sudah disiapkan di dalam APBD,” tegas Kusnadi.

Kusnadi yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim ini menambahkan, pos anggaran bencana ini disiapkan jika sewaktu-waktu diperlukan. Karena sifatnya darurat, maka anggaran diharapkan mampu meng-cover kebutuhan jika ada bencana alam, bencana sosial, atau bencana nonalam.

Lebih lanjut Kusnadi menuturkan, terkait bencana nonalam, seperti wabah Covid-19, menjadi kebutuhan penting untuk segera diatasi. Meski begitu, DPRD Jatim bersama Pemprov Jatim menunggu perintah resmi dari pemerintah pusat.

“Kita juga menunggu perintah resmi dari pemerintah pusat. Karena penanganan pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan secara parsial, tetapi harus menyeluruh. Karena itu kita menunggu pemerintah pusat,” sambung Kusnadi.

beritalima.com

Upaya itu juga terkait pendistribusian vaksin hingga seluruh masyarakat bisa terlayani vaksin di seluruh wilayah Jatim.
“Itu juga kita tunggu, apakah butuh re-vocusing atau seperti apa, tetap menunggu koordinasi pemerintah pusat,” lanjut Kusnadi.

Sebelumnya vaksin Covid-19 produksi Sinovac tiba di Kantor Dinkes Jatim. Jumlah vaksin COVID-19 yang dikirim sebanyak 77.760 vial vaksin.(yul)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait