Dewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar Dikukuhkan, Pemerintah Mendukung Pelestarian Seni Budaya dan Tradisi

  • Whatsapp

BLITAR, beritalima.com – Kabupaten Blitar kaya kesenian, kebudayaan dan produk kreatif yang berbasis yang berbasis seni budaya yang berkembang dan dilakukan masyarakat. Dengan demikian selaku pemerintah harus hadir dalam upaya mendukung pelestarian seni budaya dan tradisi uang berkembang di masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Blitar yang diwakili Kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar saat acara pengukuhan Dewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar serta pergelaran seni dan budaya pada Sabtu ( 4/12/2021 ) di Graha Bhakti Budaya Kabupaten Blitar.

” Seni budaya juga merupakan alternatif sumber pendapatan bagi masyarakat, industri kreatif berbasis seni budaya harus didampingi dan dibina kemandiriannya agar tercipta ekosistem kreatif di Kabupaten Blitar yang berkelanjutan dari hulu yakni produksi hingga hilirnya pemasaran, sehingga memberikan nilai tambah pagi pegiat kreatif berbasis seni budaya, ” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama mewakili Bupati Blitar, Suhendro Winarso selaku Kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar menjelaskan pula bahwa ” Akses informasi seni budaya harus semakin mudah dijangkau oleh masyarakat agar mereka mengetahui lebih mendalam tentang Kabupaten Blitar terutama industri yang berbasis seni budayanya, maka pada saat bersamaan pada acara ini telah diluncurkan aplikasi ” BALITAR ” yang merupakan wujud semangat ” BANGGA MENJADI ORANG BLITAR ” sehingga seni budaya di Kabupaten Blitar lebih kawentar lagi,” tambahnya.

Malam pengukuhan pengurus Dewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar/DSBKB periode 2021 – 2026 juga disemarakkan pergelaran seni budaya dengan menampilkan berbagai karya seni dan budaya yang dikemas secara apik dalam seni pertunjukan diataranya persembahan berbagai seni tari, seni jaranan, macapat, reog Bolkio, seni Tiban dan seni karawitan dan campursari.

Yang menarik juga seusai penyerahan penghargaan dan hadiah bagi para pemenang Festival Film Pendek karya sineas – sineas milenial juga ditampilkan Wayang Sinema dan kesemua pertunjukan dalam gelaran seni dan budaya juga ditayangkan langsung lewat saluran YouTube Pemkab Blitar yang bisa dinikmati para pemirsa di seluruh wilayah Kabupaten Blitar.

Telah terpilih Dian Prio Gunanto sebagai Ketua DSBKB periode 2021 – 2026 beserta jajaran pengurusnya akan mengemban amanah untuk menjalankan program kerja organisasi dan mengembangkan seni dan budaya di Kabupaten Blitar.

” Kami ucapkan terimakasih kepada Bupati Blitar dan jajaran Disparbudpora Kabupaten Blitar yang telah mengukuhkan kepengurusan Dewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar periode 2021 – 2026, semoga kami dapat mengembangan amanah untuk menjalankan program kerja organisasi dan mengembangkan seni dan budaya di Kabupaten Blitar ,” pungkas Dian Brew biasa disapa. ( Ich/Red )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait