Di Atas KA Maupun Stasiun, Petugas dan Pelanggan Heningkan Cipta

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Tepat pukul 10.00, Rabu (17/8/2022), seluruh penumpang dan petugas Kereta Api (KA) yang sedang dalam perjalanan serempak menghentikan aktifitas untuk berdiri dan mengheningkan cipta. Ini juga terjadi di semua Stasiun KA di wilayah Daop 8 Surabaya.

Kekompakan itu berlangsung setelah ada instruksi lewat pengeras suara beberapa menit sebelumnya. Setelah mengheningkan cipta, mereka pun mendengarkan dengan seksama rekaman pembacaan teks Proklamasi, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Peringatan detik-detik Proklamasi ini merupakan implementasi semangat cinta tanah air KAI dalam menyediakan konektivitas untuk masyarakat Indonesia,” kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Rabu (17/8/2022).

“Meski dilakukan secara sederhana, namun peringatan HUT RI Ke-77 tetap berjalan dengan khidmat dan mematuhi protokol kesehatan,” tambahnya.

Selain itu, dalam memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 77, KAI Daop 8 Surabaya juga melakukan pemasangan livery khusus pada beberapa KA. Para petugas frontliner yang terdiri customer service on station, ticketing officer, dan announcer di stasiun pun mengenakan pakaian bernuansa kemerdekaan.

Livery warna merah dengan gambar tangan memegang bendera merah putih, Garuda Pancasila, siluet kepulauan nusantara, logo Kemerdekaan RI Ke-77 dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, serta tulisan Dirgahayu Republik Indonesia itu dipasang di KA Argo Wilis, KA Bima, KA Sembrani dan beberapa KA lainnya.

Sebagai hiburan, KAI Daop 8 Surabaya membagikan souvenir pada pelanggan lewat undian di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Bojonegoro, dan Mojokerto.

Diinformasikan pula, PT KAI Daop 8 Surabaya kembali menghadirkan layanan test PCR. Layanan ini untuk mendukung program pemerintah dalam menghentikan penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan KAI.

Luqman mengatakan, hadirnya layanan PCR ini untuk memudahkan pelanggan memenuhi persyaratan dari pemerintah. “Ini merupakan salah satu upaya KAI memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dan membantu masyarakat dalam melengkapi persyaratan untuk naik KA,” terangnya.

Layanan tes PCR seharga Rp195.000,- ini diadakan di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan di Stasiun Malang. Syaratnya, calon pelanggan harus menunjukkan kartu identitas dan tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah dibayarkan. (Gan)

Teks Foto: Para pelanggan KA yang sedang dalam perjalanan, mengheningkan cipta, memperingati detik-detik Proklamasi, Rabu (17/8/2022)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait