Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-77, Walikota: Kota Madiun Sudah Bangkit

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, menggelar upacara bendera dalam HUT RI ke-77, dengan Irup Walikota, H. Maidi, yang diikuti ASN, TNI, Polri, di Alun Alun, Rabu 17 Agustus 2022.

Sebelumnya, dalam dua tahun terakhir upacara HUT RI di Kota Madiun digelar sederhana dan terbatas karena pandemi Covid-19. Tapi tahun ini, Pemkot menggelar dengan meriah, namun tetap kidmat.

Walikota Madiun, H. Maidi, mengatakan, upacara ini juga untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam memerdekakan bangsa Indonesia. Karena itu, ia minta kepada generasi muda harus lebih semangat dari para pendahulu.

“Artinya, dalam usia ke-77 kemerdakaan, para pejuang masa kini harus lebih semangat. Pejuang dulu sarana terbatas, pejuang kini semua sarana terpenuhi. Artinya dengan kemerdakaan ini, akan lebih menyempurnakan kehidupan kita semua,” tutur H. Maidi.

Menurutnya lagi, generasi ke depan harus lebih sukses, karena sudah dimodali kemerdekaan oleh para pahlawan. Maka kemerdekaan ini harus diisi dengan hal hal positif.

Terkait dengan tema HUT Kemerdakaan RI ke-77 “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” menurutnya, untuk Kota Madiun sudah sangat siap.

“Salah satunya, setelah normal kembali dari Covid, dari segi ekonomi, dari segi kegiatan, insyaAllah semua sudah kita dapatkan. Bukti ekonomi kita bagus, tidak ada masyarakat yang kesulitan. Angka kemiskinan semakin turun, angka stunting semakin turun, angka kebodohan semakin turun, SDM semakin meningkat,kita kuat semuanya,” tandasnya.

Usai upacara di Alun Alun, walikota bersama jajaran Forkopimda mengikuti detik detik proklamasi di gedung GCIO Dinas Kominfo, secara virtual.

Sebelumnya, Selasa (16/8) malam, masih dalam rangka HUT RI ke-77, Pemerintah Kota Madiun menggelar “Sholawat Kebangsaan” di lapangan Pelti, Jalan Pahlawan.

Dalam kegiatan ini ribuan warga, termasuk perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Madiun, memenuhi lapangan Pelti, untuk melantun sholawat.

Walikota Madiun, H. Maidi, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tirakatan dengan melantunkan sholawat ini, juga berlangsung di tiap RT di seluruh kelurahan yang ada di Kota Madiun.

“Tiap RT di kelurahan juga melakukan tirakatan dan membaca sholawat. Khusus Pemerintah Kota Madiun, melakukan tirakatan dan sholawat kebangsaan,” teramg H. Maidi, Selasa 16 Agustus 2022, malam.

Menurutnya, masyarakat harus bersyukur diusia kemerdekaan yang ke- 77 tahun ini. Karena, pahlawan yang berjuang, masyarakat tinggal mengisi kemerdekaan.

Oleh karena itu, paparnya, setiap tahun bangsa Indonesia mengenang perjuangannya, kebaikan dan semua yang dilakukan oleh pahlawan terhadap bangsa dan negara ini.

“Setelah kita mengenang, tentunya hal hal yang baik harus kita ikuti dan kita jalankan. Salah satu hal yakni dengan tirakatan disertai membaca sholawat untuk mengenang jasa jasa para pahlawan. Ini penting sekali,” tegasnya. (ADV/Dibyo).

H. Maidi (kiri) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait