Di Banjar Kemuning, Ini Yang Dilakukan Mahasiswa KKN STAI Taruna Surabaya

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com| Bertempat di Balai Desa Banjar Kemuning, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, terlaksana rapat rutin PKK dibawah komando Ani Zainal Abidin selaku Ibu Lurah Banjar Kemuning pada Selasa (14/06/2022).

Dalam acara tersebut, hadir civitas akademika STAI Taruna Surabaya, Dr. Lia Istifhama, M.E.I. (Ketua Yayasan UNITA), dan Dra. Lailatu Zahroh, M.Pdi (Dosen Pembimbing Lapangan). Kehadiran mereka sekaligus berkaitan dengan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) mahasiswa Kelompok 5 STAI Taruna Surabaya.

Selain aktif terlibat dalam kegiatan warga yang ditempati sebagai lokasi KKN, kelompok 5 yang diketuai oleh Shinta Mujahidah, juga menyelenggarakan lomba mewarnai dalam rangka memperingati hari musik 2022 yang ditujukan pada anak-anak.

Ning Lia, yang saat itu hadir sebagai narasumber sarasehan Peran Perempuan Dalam Mengatur Ekonomi Keluarga, mengajak para anggota PKK untuk selalu rasionalitas dalam berkonsumsi.

“Rasionalitas adalah bagaimana kita bijak memilih atau memiliki preferensi berkonsumsi yang terbaik diantara semua alternatif kebutuhan. Jika dalam Islam, kita seharusnya bisa membedakan empat tingkatan pilihan konsumen.”

Empat tingkat pilihan yang diterangkannya, yaitu: pilihan utama (kebutuhan keseharian paling penting dan dengan sebab Allah SWT ‘needs’), pilihan kedua (konsumsi masa kini dan mendatang), pilihan ketiga (kebutuhan memperbaiki), dan pilihan keempat (pilihan diantara barang lain yang berfungsi sebagai pengganti). Dengan kata lain, pilihan yang terakhir adalah memenuhi kebutuhan karena ingin (wants) bukan need (kebutuhan).

“Jika bisa berkonsumsi secara rasional, maka kita bisa menghindari Israf, yaitu berkelebihan dalam berkonsumsi, dimana kebutuhan primer tidak terpenuhi, melainkan kebutuhan tersier kemewahan dipenuhi.”

Giat KKN yang secara langsung melibatkan kegiatan interaktif dengan masyarakat seperti itu, jika dilakukan di lokasi lainnya, diantaranya adalah di Desa Tambak Sumur Kabupaten Sidoarjo. (red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait