Di Depan Dubes Negara Sahabat, Sultan Bicara Potensi Daerah Hingga Pendidikan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin berbicara tentang kerjasama antar parlemen hingga peluang terhadap potensi daerah untuk membangun kerjasama dengan pihak luar negeri.

Itu disampaikan Sultan saat menghadiri undangan jamuan makan malam Kedutaan Besar Seychelles untuk Indonesia yang dihadiri sejumlah Dubes negara sahabat di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/6).
Pertemuan itu dihadiri Dubes Seychelles, Niko Barito selaku tuan rumah, Lyudmilla Vorobieve (Rusia), Duta Besar Polandia Beata Stoczynska (Polandia), dan Dharshana M Perera (Srilanka).

“Pertemuan malam ini diharapkan dapat menguatkan sinergisitas negara Indonesia dan dengan negara-negara sahabat bukan hanya hubungan antar parlemen dan pemerintah, tetapi juga diseluruh sektor yang dapat menghubungkan antara dua negara, khususnya dalam membangun kerjasama dunia usaha,” ujar Sultan.

Dikatakan Sultan, sebagai lembaga tinggi negara tentu DPD RI memiliki kepentingan strategis menjalin hubungan diplomatik antar parlemen lintas negara. Hal ini tentu memberikan ruang kerjasama yang besar antar parlemen guna berkontribusi untuk menyelesaikan permasalahan global.

Menurut Sultan, untuk mewujudkan kualitas hubungan yang kokoh dan saling menguntungkan, bukan sekedar melibatkan hubungan antara Pemerintah dengan Pemerintah, Parlemen dengan Parlemen, melainkan mesti melibatkan hubungan antara pelaku usaha dengan mitranya, dan tidak kalah pentingnya masyarakat dengan masyarakat baik dibidang pendidikan, sosial maupun budaya.

Dalam kesempatan itu, Senator muda tersebut, juga banyak mengupas tentang peluang kerjasama daerah di Indonesia terhadap luar negeri. Baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, pertanian, sosial dan budaya.

“Ya, sifat daerah yang lokalistik dengan seluruh potensinya mesti kita dorong untuk dapat dikembangkan kepada jaringan antar wilayah hingga keluar negeri. Tentu jika ini terjadi akan dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan,” kata Sultan.

Tindak lanjut dari pertemuan ini, kata Sultab, pihaknya akan melakukan koordinasi untuk supervisi dan evaluasi komprehensif terhadap semua kementerian terkait agar dapat melakukan langkah penting yang terukur dalam mendorong tercapainya peningkatan dan pendayagunaan potensi daerah di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk sektor Pendidikan, Sultan dalam paparan dia meminta Dubes negara sahabat memberikan ruang dan kesempatan bagi terlaksananya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia melalui pertukaran guru dan pelajar untuk penguatan wawasan internasional yang dapat menjadi rujukan dalam kemajuan dunia pendidikan.

“Kesempatan beasiswa bagi pelajar Indonesia di luar negeri menjadi salah satu harapan DPD RI kepada para wakil pemerintah negara-negara sahabat tersebut. Kualitas pendidikan segaris dengan harapan akan terwujudnya kualitas hidup setiap bangsa, juga bagi terciptanya perdamaian abadi dunia,” demikian Sultan Bachtiar Najamudin. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait