Di Kalsel, LaNyalla Ziarah ke Makam Guru Sekumpul dan Guru Zuhdi

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Di sela-sela kunjungan kerja di Kalimantan Selatan akhir pekan kemarin, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berziarah ke makam tokoh agama.

Pertama senator dari Dapil Provinsi Jawa Timur itu mengunjungi makam KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani yang akrab disapa Guru Sekumpul di Martapura, Kabupaten Banjar. Makam Guru Sekumpul adalah destinasi wisata religi di Kalimantan Selatan.

Guru Sekumpul merupakan ulama dan dikenal sebagai tokoh kharismatik di Kalimantan. Semasa hidupnya, beliau memiliki banyak karya. Peringatan haul sosok keturunan ulama besar Kesultanan Banjar, Syaikh Arsyad Al Banjari itu, selalu dihadiri jutaan orang.

“Ini merupakan kekhasan tersendiri bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Kealiman dalam ilmu agama dan jasa menyebarluaskan ajaran Islam di Kalimantan Selatan, membuat pengikut Guru Sekumpul banyak yang tersebar di pelosok Nusantara,” jelas LaNyalla.

LaNyalla melanjutkan kunjungan ke makam KH Ahmad Zuhdianoor yang akrab disapa Guru Zuhdi. Beliau merupakan ulama kharismatik. Lokasi makam di belakang Masjid Jami, Banjarmasin dan kerap didatangi peziarah.

Di pemakaman Guru Zuhdi yang meninggal dunia 2 Mei 2020, LaNyalla dan rombongan bersalawat sambil memanjatkan doa. Di lokasi, Ketua DPD RI diterima pihak keluarga Guru Zuhdi.

“Guru Zuhdi dianggap sosok yang bisa mengobati rindu pengikut Guru Sekumpul karena gaya bicara dan penjelasannya kepada jemaah mirip. Kehilangan besar buat umat muslim Kalsel atas kepergian beliau,” tutur LaNyalla.

LaNyalla memang punya kebiasaan berziarah ke makam ulama dan tokoh besar daerah. Kebiasaan itu menjadi salah satu perjalanan spiritualnya sejak muda. “Saya berziarah ke makam wali-wali dengan berjalan kaki. Dengan tapak tilas, saya ingin merasakan perjalanan tokoh yang memiliki jasa besar menyebarkan ajaran Islam di Indonesia.”

Dalam kunjungan kerja di Kalsel, LaNyalla didampingi Fachrul Razi (Ketua Komite I), Bustami Zainudin (Wakil Ketua Komite II), Sylviana Murni (Ketua Komite III), Jialyka Maharani (senator Sumsel), Andi Muh Ihsan (Sulsel), Habib Ali Alwi (Banten) dan Rahman Hadi (Sekjen DPD RI).

Selain itu, empat dari Dapil Provinsi Kalimantan Selatan juga menyambut Ketua DPD RI dan rombongan yakni Habib Abdurrahman Bahasyim, Gusti Farid Hasan Aman, Habib Zakaria Bahasyim dan Habib Hamid Abdullah.

Dalam kesempatan itu, rombongan DPD RI ikut meninjau tanah hibah dari Pemprov Kalsel untuk pembangunan kantor perwakilan DPD RI di Kalsel. Lahan itu berada di Kompleks Pemprov Kalsel, di Banjarbaru.

“Luas tanahnya sekitar 1/2 hektar. Kami berikan hibah tanah ini kepada DPD, untuk dibangun kantor perwakilan,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah Kalsel, Dicky Hermawan. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait