Dianggarkan 12,3 Miliar, Belum Genap 6 Bulan Aspal Jalan Veteran Bandung Mulai “Mrupus” dan Berlubang

  • Whatsapp
Kondisi Jalan Veteran Kamis 25 April 2024.

Kota Malang, beritalimacom| Aspal Jalan Veteran Klojen Kota Malang banyak yang retak dan mulai mengelupas, sedangkan diketahui bahwa pekerjaan yang dianggarkan dari APBD pagu senilai Rp 12,3 M melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) dan dimenangkan CV BES belum genap 4 bulan.

“Ya mas, kira kira jalan ini di bangun tahun 2023 lalu, tapi sudah banyak yang rusak mas,” ujar salah satu tukang parkir sekitar jalan Veteran dikonfirmasi awak media Kamis 25/04.

Bacaan Lainnya

Pantauan awak media sepanjang Jalan Veteran Aspal mruntus dan terdapat lubang lubang kecil pada jalan tersebut. Sementara itu, hingga berita ini dinaikan pihak CV pelaksana dan Kadis PUPPRKP Kota Malang tidak merespon.

Diketahui dari buku spesifikasi pekerjaan rehabilitasi Jalan veteran Bandung, menurut Undang-Undang No 2 tahun 2022

(Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004) tentang jalan, jalan prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian Jalan, termasuk bangunan penghubung, bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah, dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan rel, jalan lori, dan jalan kabel.

Jalan merupakan perangkat vital pergerakan atau perpindahan manusia dan perkembangan kota. Kota Malang sebagai salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki intensitas pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan sehingga, memacu bertumbuhnya pembangunan sarana dan prasarana.

Sarana dan prasarana transportasi yang sudah ada memiliki kondisi beragam diantaranya dalam kondisi baik, beberapa lokasi memerlukan perbaikan/rehabilitasi/pemeliharaan, dan sebagian lokasi memerlukan pembangunan baru.

Maka dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Kota Malang, melalui Dana APBD Tahun Anggaran 2023 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang, pemerintah bermaksud mengadakan peningkatan/pemeliharaan infrastruktur jalan dengan mengadakan kegiatan Belanja Konstruksi Rehabilitasi Jalan Jl. Veteran – Jl. Bandung Kel. Penanggungan.

Pekerjaan ini merupakan kegiatan rehabilitasi jalan yang mensyaratkan sub bidang Jasa Pelaksana Konstruksi Jalan Raya (Kecuali Jalan Layang), Jalan, Rel Kereta Api dan Landas Pacu Bandara (SI003) atau Konstruksi Bangunan Sipil Jalan (BS001).

Dengan maksud dari pelaksanaan pekerjaan Belanja Konstruksi Rehabilitasi Jalan Jl. Veteran – Jl. Bandung Kel. Penanggungan” ini adalah diharapkan jalan pada kawasan Veteran – Bandung dapat laik fungsi, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat serta berperan dalam mendukung pembangunan Kota Malang.

 

Penulis : Redaksi 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait