Dibiayai APBD, Pilkades Serentak 2021 di Jember Gratis

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Jember gratis, karena dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Kebijakan pelaksanaan Pilkades serentak di Jember, sepenuhnya dibiayai APBD secara proporsional, dengan memperhitungkan jumlah Daftar Pemilihan Sementara (DPS).

Bacaan Lainnya

Sedangkan bentuk bantuan keuangan khusus, nanti akan disalurkan ke rekening kas desa, untuk kebutuhan surat suara, kotak suara, kelengkapan peralatan lain, honor panitia dan biaya pelantikan.

“Ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat semua, untuk ikut Pilkades,” kata Bupati Jember H. Hendy Siswanto usai Rapat Konsolidasi dengan Kepala Desa, Lurah dan Camat Sekabupaten Jember, Kamis (8/4/2021).

Diperkirakan, pelaksanaan Pilkades maupun Pilkades Pergantian Antar Waktu (PAW) bulan Agustus mendatang. “Jadi mulai saat ini kita pengumuman, karena agustus sudah coblosan,” jelasnya.

Bupati menyebut, kepala desa merupakan ujung tombak kemakmuran desa dan nanti juga akan diikuti kabupaten/kota.

“Makanya, kades kita kuatkan dan kita berikan kemudahan, supaya masyarakatnya juga makmur,” ucapnya, di Aula PB. Sudirman Pemkab Jember.

Sedangkan untuk sumber biaya protokol kesehatan Pilkades, diambilkan dari Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Dana Desa (DD) yang delapan persen.

Bupati menyebut, ada sekitar 59 desa di jember yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa. “Ayo jadikan Pilkades ini mudah, jujur, aman dan adil,” harapnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait