Didukung Bank BTN, Pemkot Kupang Gelar Festival Seni dan Budaya Bertema ‘Kupang Doldolu’

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar rangkaian festival seni dan budaya yang dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Jalan El Tari.

Festival ini akan dilaksanakan pada 22 s.d 27 Juli 2023. Kegiatan ini didukung penuh PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Kupang, Pemprov NTT, dan sejumlah sponsor.

Kegiatan ini akan dibuka oleh Penjabat Wali Kota Kupang George Hadjoh.

Pada 26 dan 27 Juli 2023, kegiatan dirangkai dengan Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) IX yang digelar oleh Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI), yang dijadwalkan dihadiri oleh sekitar 1.000 orang di Hotel Harper Kupang.

Dalam jumpa pers di Kantor Wali Kota Kupang, Kamis (20/7/2023), Sekretaris Dinas Kominfo Wildrian Ronald Otta, menyebutkan rangkaian kegiatan dimulai dari car free day (CFD) pada Sabtu (22/7).

“Temanya Kupang Doldolu, jadi melakukan review dan flashback kepada kita bahwa dari dulu sampai sekarang kita tetap hidup dalam budaya yang masih dipertahankan sampai hari ini”, katanya.

Menurut Wildrian, warga Kota Kupang sudah lama hidup dengan budaya, dan selama itu pula, banyak orang diantaranya masih mempertahankan budayanya, tetapi ada juga yang sudah melupakan budayanya.

“Karena itu, kita mengangkat kembali budaya ini sehingga yang melupakan kembali mengingat dan kembali pada budaya yang dibangun oleh orangtua kita terdahulu,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Branch Manager Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Kupang Laloria N. Pardede mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan membangkitkan ekonomi masyarakat, karena Bank BTN berkolaborasi bersama pengembang properti dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Selama kegiatan, ada sekitar 20 pengembang dan 25 UMKM akan terlibat dalam Properti Expo dan UMKM Expo.

Laloria mengajak warga Kota Kupang yang belum memiliki rumah, datang ke Properti Expo untuk membeli rumah sebelum harga rumah naik lagi. “Event ini akan mempermudah akses masyarakat terhadap produk dan aplikasi perbankan Bank NTT mulai dari tabungan, kredit pembiayaan perumahan (KPR), pembiayaan usaha UMKM dan aplikasi BTN mobile,”ujarnya.

Dia juga mengajak pengunjung membuka rekening online, mengikuti flash sale poin spekta serta transaksi non tunai dengan QRIS. “Ada juga kesempatan membeli rumah secara cepat karena adanya layanan persetujuan instan KPR dan kredit ringan BTN,” kata Laloria N. Pardede.

Asisten II Setda Kota Kupang, Ignasius Lega mengatakan pemerintah Kota Kupang sedang mempersiapkan seluruh rangkaian kegiatan tersebut. “Pemerintah Kota Kupang tidak berjalan sendiri , kita didukung full oleh Bank BTN Kupang,” tambahnya.

Sementara itu, Muhammad Yusran dari BaKTI mengatakan, Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) IX bertujuan merayakan kemajuan dan inovasi pembangunan di Indonesia.

Menurutnya, pada peserta festival akan berbagi informasi tentang praktik cerdas, pengalaman dan pembelajaran dari berbagai program pembangunan di tingkat lokal untuk memperkuat harmonisasi pembangunan serta meningkatkan manajemen program dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait