Digeledah Tim Gabungan, Lapas Pemuda Madiun Steril Dari Handphone dan Narkoba

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Tim gabungan dari petugas Lapas, TNI, Polri, BNNK Kabupaten Nganjuk dan Satopspatnal Lapas Kelas I Madiun, menggeledah belasan kamar warga binaan Lapas Kelas IIA Madiun, Jawa Timur, Jumat 25 Februari 2023, malam.

Dalam kegiatan tersebut, tim gabungan yang dipimpin langsung Kalapas Kelas IIA Madiun, Ardian Nova Christiawan, menyasar 11 kamar yang disinyalir menyimpan barang terlarang.

Dalam operasi ini, petugas dibagi dalam dua kelompok. Kelompok A menggeledah 6 kamar, yakni blok Brawijaya bawah kamar 2, 6, 16, 17, 19 dan blok Brawijaya atas kamar 8. Sedangkan kelompok B, menggeledah lima kamar. Yaitu blok Airlangga kamar 2, 9, 10,11 dan 13.

Hasilnya, petugas ‘hanya’ menemukan barang terlarang seperti kabel modifikasi, senjata tajam modifikasi, kartu remi, kipas angin, speaker music portable, dan teko air. Sedangkan barang yang paling dicari, yakni handphone dan narkoba, tidak ditemukan.

“Kami bersinergi dengan stakeholder terkait. Ini bentuk komitmen kami bersama bahwasannya kami siap memberantas Halinar (HP, Pungli dan Narkoba),” ucap Ardian sembari menunjukkan hasil penggeledahan.

Ardian menegaskan, tidak akan segan memberikan sanksi berupa hukuman disiplin kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pemilik benda-benda terlarang tersebut.

“Tentunya tindak lanjut dari temuan yang ada, kepada WBP akan kita berikan pembinaan dan sanksi sesuai aturan yang berlaku. Kemudian barang tersebut kita inventarisir dan kita musnahkan,” tandasnya.

Dalam kegiatan implementasi Instruksi Ditjen PAS tersebut, lanjutnya, Lapas Pemuda Madiun juga melaksanakan tes urine kepada 20 WBP dan 10 petugas secara acak.

“Alhamdulilah, hasil tes urine seluruhnya negatif. Ini akan memberikan dampak positif. Yakni meningkatkan suasana aman dan nyaman di dalam Lapas. Juga menjadi bukti kepada masyarakat bahwa narkoba adalah musuh bersama,” pungkasnya. (Hms/editor Dibyo).

Ket. Foto: Ardian Nova C (kanan) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait