Dikhawatirkan Ciptakan Klaster Baru Covid 19, Perbub Gobak Sodor Direvisi

  • Whatsapp
Tangkapan layar salah satu video pertndingan gopak sodor di Bondowoso (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Perbup No 50 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penerapan Tatanan Pola Hidup baru Kabupaten Bondowoso direvisi. Salah-satunya poin tambahannya adalah larangan menggelar pertandingan gobak sodor.

Kalaksa BPBD Bondowoso Kukuh Triatmoko melalui Sekretaris BPBD Adi Sunaryadi mengatakan, di Perbup yang baru telah diterangkan secara terperinci jika gelaran pertandingan gobak sodor dilarang. Menurutnya, revisi tersebut sebagai penyempurna pasal 15 mengenai larangan kegiatan perlombaan olahraga.

Bacaan Lainnya

“Semisal gobak sodor. Di Perbup 50 tidak disebut. Disebut hanya kegiatan olahraga dilarang. Padahal sodor bukan olahraga. Karena sementara ini bukan cabang olahraga. Revisi Perbup itu secara tegas kegiatan sodor dilarang,” ungkapnya, Kamis (12/11).

Adi menjelaskan, revisi atas Perbup No 50 tersebut dilakukan lantaran pergerakan jumlah penderita Covid-19 terus bertambah. Saat ini Bondowoso masih berstatus beresiko sedang atau zona oranye. Melalui perbaruan Perbup, Pemerintah ingin memperinci dan mempertegas tentang aktivitas apa saja yang dilarang selama menjalani fase tatanan pola hidup baru.

“Kita revisi karena melihat potensi pergerakan jumlah penderita Covid-19 naik kembali orenye lagi. Satgas melihat kesadaran masyarakat merasa aman aman saja. Makanya kita revisi. Ini cara kita untuk dapat menekan jumlah penyebaran Covid-19 ini,” terangnya.

Saat ini Perbup tersebut masih diproses oleh Bagian Hukum Pemkab Bondowoso untuk kemudian dikirim kepada biro Provinsi Jawa Timur. Diprediksi dalam bulan ini sudah dapat disahkan untuk kemudian diberlakukan.

“Mudah-mudahan bulan ini sudah disahkan,” pungkasnya.

Pertandingan Gobak Sodor sempat dilarang, bahkan aparat kerap membubarkan secara paksa jika warga tak mengindahkan larangan Pemerintah. Namun, penindakan itu tidak merata di setiap Kecamatan. Sehingga warga kembali menggelar pertandingan yang memicu kerumunan itu. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait