Dinas Pertanian dan Ketahanan Jatim Sediakan Obat Atasi Serangan Hama Wereng

  • Whatsapp
Hadi Sulistyo Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur

SURABAYA, beritalima.com | Memasuki musim kemarau sejumlah tanaman petani mulai diserang hama wereng. Ancaman gagal panen menghantui petani.

Untuk itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur, bertindak cepat bergeran cepat dengan menyediakan obat pembasmi hama.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur, Ir. Hadi Sulistyo, M.Si, saat ini Jatim memang tengah memasuki musim kemarau basah. Akibatnya, banyak serangan hama wereng dan tikus.

“Sekarang masuk musim kemarau basah tentunya serangan hama tikus dan wereng harus di waspadai,” ujar Hadi saat dikonfirmasi, Rabu (9/9/2020).

Dengan munculnya serangan hama ini, dirinya meminta agar pemerintah daerah (pemda) di masing-masing wilayah segera mempersiapkan diri untuk mengatasi serangan hama tersebut.

“Untuk itu (pemda) segera mempersiapkan diri apabila terjadi serangan hama penyakit,” kata Hadi.

Hadi juga menjelaskan, jika memang didapati ada tanaman yang terserang hama, pemda diminta agar segera mengirimkan surat kepada Pemprov Jatim agar mendapatkan bantuan berupa obat hama.

“Bagi daerah yang terkena serangan hama bisa segera mengirim surat untuk bantuan obat hama penyakit tersebut. Akan segera kami tindak lanjuti,” tegasnya.

Sementara itu, terkait prosedur pengajuan, ia menjelaskan bahwa satgas proteksi hama penyakit di masing-masing daerah cukup dengan mengajukan melalui dinas pertanian kabupaten/kota, selanjutnya bisa diusulkan ke dinas pertanian provinsi.

“Langsung saja satgas proteksi hama yang ada di daerah tersebut mengajukan melalui distan kabupaten untuk diusulkan ke distan provinsi,” pungkasnya. (Red).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait