Dinsos Terus Inventarisasi Kebutuhan UPT

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com | Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Dr. Alwi, M.Hum saat membuka Rapat Koordinasi Kemitraan Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Kesejahteraan Sosial menuju Penguatan Jejaring Eks klien di Hotel Aria Surabaya Rabu (9/9/2020).
Jatim Newsroom – Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur tetap melakukan Inventarisasi kebutuhan UPT yang dinaunginya. Sebagai contoh dengan memaksimalkan pemanfaatan lahan sebagai proses pembelajaran keberfungsian sosial bagi klien agar lebih siap jika kembali hidup bersama masyarakat.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Dr ALWI MHum saat membuka Rapat Koordinasi Kemitraan Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Kesejahteraan Sosial menuju Penguatan Jejaring Eks klien di Hotel Aria Surabaya, Rabu (9/9/2020).

Alwi mengatakan, tujuan rapat Koordinasi Kemitraan Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Kesejahteraan Sosial menuju penguatan jejaring Eks klien kali ini adalah integrasi dan sinergi dalam mewujudkan kerjasama dalam Pengembangan kesejahteraan Sosial yang berkualitas dan komprehensif. Dukungan Kerjasama dan Partisipasi aktif Perguruan Tinggi dapatnya menerima Eks Klien sebagai calon mahasiswa melalui program beasiswa atau bidik misi Penguatan Jejaring Kewirausahaan bagi Warga binaan Sosial atau Eks Klien. Mengembangkan kerjasama berkelanjutan melalui Program LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat) pada Perguruan Tinggi.

Alwi menjelaskan beberapa inovasi telah dilakukan oleh UPT Dinas Sosial misalnya Pro WES DIFA (Program Wisata Edukasi Sosial) di UPT RSBD Pasuruan, bahkan sudah masuk nominasi TOP 45 Kovablik tahun 2020. Rembug Nyekrup telah dilakukan bersama beberapa OPD untuk mengoptimalkan klien UPT Dinas Sosial.

Ada beberapa inovasi yang masih diharapkan lebih berkembang lagi, yaitu JANETA Mobile (Jasa Layanan Netra), PENCET AC-19 (Pembelajaran Cepat di Tengah Covid-19) dari UPT RSBN Malang, Mitra HoReLu (Kemitraan Home Care Lanjut Usia), dan Si TerBang SEmoEks (Publikasi Integrasi Pengembangan Sosial Ekonomi Eks Klien).

“Kegiatan Rapat Koordinasi Kemitraan Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Kesejahteraan Sosial menuju Penguatan Jejaring Eks klien ini kita laksanakan sebagai sarana silaturahim serta menjalin kerjasama kemitraan Perguruan Tinggi dalam pengembangan Kesejahteraan Sosial,” tutur Alwi.

Sejalan dengan kebijakan pembangunan sosial dalam pengembangan kesejahteraan sosial berkelanjutan, maka perlu upaya terintegrasi, terpadu, efektif, efisien, akuntabel dan memberikan manfaat yang signifikan terhadap masyarakat. Salah satunya adalah dengan perluasan jejaring kerjasama lintas sektoral di berbagai bidang layanan kesejahteraan sosial.

Kerjasama kemitraan pengembangan kesejahteraan sosial ini menjadi amat penting mengingat penanganan sosial mengharuskan penyelesaian secara integratif dan terpadu. Revitalisasi UPT Dinas Sosial telah dirancang dalam perencanaan 2020, karena kondisi Pandemi Covid-19 maka masih tertunda.(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait