Direksi BPJAMSOSTEK Pastikan Kelancaran Pelayanan One to Many di Kantor Cabang Surabaya Darmo

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Pandemi Covid-19 berdampak negatif bagi perekonomian Indonesia, khususnya dunia usaha, sehingga banyak pemberi kerja yang terpaksa harus mem-PHK tenaga kerjanya. Hal tersebut diperkirakan akan berdampak pada peningkatan klaim program Jaminan Hari Tua (JHT) yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Menyikapi hal tersebut, Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto mengungkapkan bahwa sejak awal tahun hingga 26 Juni 2020 secara nasional klaim JHT telah mencapai angka 1,098 juta kasus dan diperkirakan masih akan terus meningkat. Jika dibandingkan klaim berjalan pada bulan Juni 2020 yang telah mencapai 259 ribu kasus, terlihat peningkatan 109% dibandingkan klaim selama Juni 2019.

Namun demikian, tegas Agus, BPJAMSOSTEK telah siap menghadapi gelombang PHK di tengah pandemi ini. BPJAMSOSTEK telah menyediakan berbagai kanal klaim yang dapat digunakan oleh peserta melalui protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) yang terdiri dari kanal online, offline dan kolektif.

Protokol LAPAK ASIK yang telah diperkenalkan sejak Maret 2020 melalui kanal online antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id terus disempurnakan. Peserta kini juga dapat dilayani secara langsung di Kantor Cabang BPJAMSOSTEK di seluruh Indonesia, karena LAPAK ASIK juga memiliki kanal offline, namun dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Untuk memastikan pelayanan LAPAK ASIK offline berjalan dengan baik, Agus melakukan peninjauan langsung ke lapangan bersama Direktur Pelayanan Krishna Syarief dan Direktur Renstra dan IT Sumarjono di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo, Selasa (30/6/2020). Kehadiran jajaran direksi tersebut juga diikuti Deputi Direksi Wilayah BPJAMSOSTEK Jawa Timur, Dodo Suharto.

Agus menyatakan, LAPAK ASIK offline tetap tidak mempertemukan petugas BPJAMSOSTEK dan peserta secara langsung. Kantor Cabang BPJAMSOSTEK menyediakan bilik-bilik yang dilengkapi layar monitor yang terhubung dengan petugas secara video conference untuk kebutuhan komunikasi dan verifikasi data. Melalui metode ini, setiap petugas Customer Service Officer (CSO) melayani 4-6 orang sekaligus dalam waktu bersamaan, sehingga metode pelayanan ini disebut “One to Many”.

“Dengan metode One To Many, kemampuan produksi untuk meyelesaikan klaim meningkat lima kali lipat dan physical distancing tetap terjaga. Saat ini sudah kita implementasikan hampir di seluruh cabang BPJS Ketenagakerjaan seluruh Indonesia, terutama untuk kantor-kantor yang punya ruang memadai seperti Kantor Cabang Surabaya Darmo ini. Untuk kantor-kantor yang kecil masih dilakukan dengan cara one to one tapi tetap memperhatikan physical distancing,” jelas Agus.

Selain itu BPJAMSOSTEK juga memberikan kemudahan klaim bagi peserta melalui kanal LAPAK ASIK kolektif. Fasilitas ini ditujukan kepada perusahaan skala besar maupun menengah yang terpaksa melakukan PHK kepada minimal 30 persen tenaga kerjanya. Dengan adanya klaim kolektif ini pihak perusahaan dapat mengakomodir klaim seluruh karyawan yang ter-PHK dengan menunjuk satu orang perwakilan.

“Meski kami menyediakan kanal klaim offline, namun saya mengimbau kepada seluruh peserta BPJAMSOSTEK untuk tetap sebisa mungkin berada di rumah dan menggunakan kanal online yang telah kami sediakan, jika ingin klaim. Karena, prosesnya lebih mudah dan mengurangi potensi terpapar virus Covid-19. Selain itu peserta juga dapat memanfaatkan fasilitas tracking klaim untuk mengetahui perkembangan proses klaim yang sedang mereka ajukan. Semoga dengan kita mematuhi aturan pemerintah, pandemi ini bisa segera berakhir dan ekonomi Indonesia dapat kembali seperti sedia kala,” ujar Agus.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo, Guguk Heru Triyoko, menyambut gembira kehadiran jajaran direksi. Menurutnya, disamping karena Kantor Cabang Surabaya Darmo sudah siap bahkan telah menjalankan pelayanan One To Many sesuai arahan Direksi, kehadiran Direksi dapat meningkatkan pelayanan Kantor Cabang Surabaya Darmo lebih baik lagi. “Kami sangat gembira atas kehadiran Bapak-Bapak Direksi BPJS Ketenagakerjaan. Semoga ini dapat meningkatkan pelayanan kami terhadap peserta,” kata Guguk. (Ganefo)

Teks Foto: Direktur Utama Agus Susanto bersama Deputi Direktur Wilayah Jatim Dodo Suharto dan Kepala Kantor Cabang Surabaya Darmo Guguk Heru Triyoko, saat meninjau pelayanan LAPAK ASIK One To Many di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo, Selasa (30/6/2020).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait