Disdik Sumenep Gelar Final ISCo MIPA SD Tingkat Kabupaten 2023

  • Whatsapp
“ISCo ini merupakan Kompetisi Siswa Cerdas dalam rangka menumbuhkan minat dan bakat siswa pada bidang Matematika dan IPA di Kabupaten Sumenep,” kata Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Ardia Syah Ali Shochibi di sela-sela Final ISCo,¹ di Gedung Ki Hajar Dewantoro

SUMENEP, beritaLima.com| Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep mengadakan Final Intelligent Student Competition (ISCo) MIPA jenjang Sekolah Dasar (SD) Tingkat Kabupaten Sumenep 2023.

“ISCo ini merupakan Kompetisi Siswa Cerdas dalam rangka menumbuhkan minat dan bakat siswa pada bidang Matematika dan IPA di Kabupaten Sumenep,” kata Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Ardia Syah Ali Shochibi di sela-sela Final ISCo,¹ di Gedung Ki Hajar Dewantoro, Selasa (03/10/2023).

Bacaan Lainnya

Pihaknya melalui kegiatan ini untuk membidik peserta didik yang mempunyai bakat di bidang MIPA, sebagai persiapan wakil Kabupaten Sumenep, pada agenda tahunan ajang nasional, yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diadakan oleh Balai Pengembangan Prestasi Nasional (BPTI) dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek RI.

“ISCo yang diselenggarakan bisa menghasilkan anak-anak didik berkualitas, cerdas dan berkarakter,” ucapnya.

Karena itulah, kata Ardia Syah Ali Shochibi, para pelaku pendidikan, mulai dari pengawas pendidikan, guru dan siswa, supaya meningkatkan prestasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

“Peserta didik dalam mengembangkan minat serta bakat harus dipupuk sedini mungkin, sehingga mampu menjadi siswa berkualitas dan berkarakter,” tuturnya.

Sementara, Final ISCo MIPA jenjang SD itu pesertanya dari kecamatan yang mengirim siswa terbaiknya 5 peserta IPA dan 5 peserta Matematika, dengan total keseluruhan peserta dari 27 Kecamatan se-Kabupaten Sumenep berjumlah 6.510 peserta terdiri dari 3.225 peserta IPA dan 3.225 peserta Matematika.

“Total keseluruhan peserta tingkat Kabupaten di babak penyisihan adalah 270 peserta, terdiri dari 135 peserta IPA dan 135 peserta Matematika,” jelas Ardia Syah Ali Shochibi.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep untuk babak Final ISCo MIPA diikuti oleh 60 peserta, terdiri 30 peserta IPA dan 30 peserta Matematika, dan pada final hari pertama adalah soal-soal uraian, sedangkan hari kedua eksplorasi dan eksperimen.

“Kami menentukan 10 peserta terbaik IPA dan 10 terbaik Matematika, untuk dilakukan pembinaan dan bimbingan sebagai persiapan OSN 2024,” pungkasnya.

Sebagai terbaik bidang Matematika untuk peringkat pertama Nurul Imam asal SDIT Al-Wathoniyah Kota Sumenep, peringkat kedua Arrsy Damaarzaqly asal SDIT Lukman Al-Hakim Kota Sumenep dan peringkat ketiga Ahlam Zulfadhli Firdaus asal SDN Saronggi 1.

Pada bidang IPA peringkat pertama Muhammad Arsyil Ronaldo Al-Ghafur asal SDN Pandian 1 Kota Sumenep, peringkat kedua Kaisa Septia Bela asal SDN Talango 1 dan peringkat ketiga Moh. Barcelo Arwa asal SDN Pangarangan 1.

Final Intelligent Student Competition (ISCo) MIPA jenjang Sekolah Dasar (SD) Tingkat Kabupaten Sumenep 2023 dilaksanakan selama dua hari yaitu 02 hingga 03 Oktober 2023, di Gedung Ki Hajar Dewantara Sumenep.

(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait