Disdikbud Bondowoso Tak Ijinkan Sekolah MPLS Tatap Muka

  • Whatsapp
foto : Haeriyah Yulianti, S.Sos, MM,. Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso saat di konfirmasi sejumlah wartawan. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Dalam kondisi Pandemi Covid-19 kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) untuk peserta didik baru tahun ajaran baru 2020/2021 di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dilakukan secara daring. Tak bisa dilakukan secara tatap muka di sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso, Haeriyah Yulianti, S.Sos, MM,. mengatakan untuk kegiatan MPLS peserta didik baru harus melalui sistem dalam jaringan atau daring secara maksimal.

Bacaan Lainnya

“Kami tidak menganjurkan melakukan MPLS. Jadi MPLS tetap secara daring. Jadi, pengenalan sekolah itu secara daring oleh pihak panitia,” katanya saat di konfirmasi, Kamis (16/7).

Agar para peserta didik baru dan orangtua lebih mengenal tentang sekolah dan menjadi awal kolaborasi antara orangtua dan sekolah dalam pengembangan potensi anak. Untuk teknik MPLS sendiri kata dia, bahwa pihak sekolah sudah memiliki teknik-teknik tersendiri untuk kemudian diinformasikan.

“Jadi, sekolah mempunyai teknik masing-masing dalam proses MPLS secara daring,” urainya.

Haeriyah menerangkan, jika ada beberapa sekolah yang mengundang para siswa atau peserta didik baru untuk datang ke sekolah. Hal itu untuk siswa melakukan daftar ulang saja.

“Bukan masa orientasi atau pengenalan lingkungan sekolah, tidak,” terangnya.

Sementara itu, untuk sekolah yang berada di daerah terpencil yang tidak memungkinkan untuk melakukan pengenalan lingkungan sekolah secara daring, maka bisa dilakukan secara luring.

“Bisa dengan luring, (luar jaringan) istilahnya. Mereka menggunakan akses yang diberikan Kementerian yakni di RRI dan TVRI. Juga ada paket buku,” pungkasnya.

Informasi dihimpun, MPLS sendiri dimulai selama tiga hari, sejak (13/7) kemarin hingga (15/7). Yang mana, seluruh peserta didik baru akan melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) secara daring. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait