Dorong Ekspor Keripik Malang, LaNyalla Minta Pemerintah Perbanyak Pameran

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendorong agar ekspor produk Usaha Mikro Kecil dan Menengaj (UMKM) keripik khas Malang diperluas. Untuk itu, LaNyalla meminta Pemerintah memperbanyak pameran di luar negeri.

 

Menurut LaNyalla, Kementerian Perdagangan (Kemendag) perlu menggalakkan pameran Trade Expo Indonesia (TEI) untuk menyasar negara-negara tujuan ekspor. Sebab banyak produk lokal yang mendapat pelanggan dari luar negeri setelah produknya dipamerkan di TEI, salah satunya UMKM keripik buah dan sayuran Malang.

 

“Pameran-pameran produksi lokal yang dilakukan di luar negeri membuka peluang untuk meningkatkan ekspor sehingga harus digencarkan lagi, termasuk pameran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UMKM serta KBRI-KBRI sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia di luar negeri,” kata LaNyalla, Rabu (18/8).

 

Senator dari Dapil Provinsi Jawa Timur itu mendorong pelaku UMKM di Malang dan sekitarnya tak ragu mengikuti program-program pameran dari Pemerintah.

“Walau pandemi Covid-19 membuat banyak negara menutup keran untuk produk dari luar negeri termasuk Indonesia, produk-produk lokal jangan sampai menghentikan usahanya untuk berekspor,” kata dia.
Tugas Pemerintah, kata LaNyalla, memfasilitasi para UMKM ini agar bisa terus menyalurkan produksinya hingga ke luar negeri sehingga omzet yang sempat menurun akibat pandemi bisa kembali meningkat.

Ia mengingatkan, banyak produk olahan makanan berkualitas yang dicari konsumen dari berbagai negara. Hanya saja, dia meminta pemerintah agar terus memberi pendampingan sehingga transaksi pembelian dari luar negeri berjalan dengan aman.

 

“Sebab tidak sedikit pelaku usaha yang merugi, bahkan hingga nyaris bangkrut karena ditipu pembeli dari luar negeri. Pemerintah harus menjadikan persoalan ini sebagai perhatian serius,” imbau dia.

 

Penjualan produk keripik secara langsung kepada konsumen mengalami penurunan selama pandemi Covid-19. Konsumen dalam negeri disarankan untuk membeli produk makanan lokal karena kualitasnya tidak kalah dengan produksi luar negeri.

 

“Bagi pelaku usaha makanan kering masih tetap bisa memanfaatkan penjualan online untuk meningkatkan penghasilan. Dan saya imbau kepada masyarakat untuk tidak beralih dari produksi dalam negeri. Kita harus terus mendukung produk-produk lokal,” demikian AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait