DPPKBPPA Kab. Jombang Undang Pelajar Ikuti Sosialisasi Pencegahan Tindak Kekerasan Pada Anak

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Sosialisasi Pencegahan Tindak Kekerasan Terhadap Anak, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Jombang menghadirkan pakar psikolog. Sebelumnya disampaikan beberapa narasumber memaparkan tentang masalah pencegahan terhadap kekerasan anak, di ruang Bung Tomo, Gedung Pemkab Jombang, Rabu (2/11/2022).

Sosialisasi yang dijalankan Bidang Pencegahan Perempuan dan Anak pada Dinas PPKBPPA Kabupaten Jombang, mengundang peserta sosialisasi, sebagian besar yang hadir dari kalangan pelajar baik SMP maupun SMA/SMK.

Pakar Psikologi yang tidak asing di Kabupaten Jombang, Firman lebih banyak tahu tentang masalah perkembangan jiwa anak tergantung suasana seputar lingkungan akibat ketidakseimbangan antara sensorik ke motorik.

Sehingga dalam pergaulan ingin mencari jati diri agar tidak gengsi dengan sebayanya yang pada gilirannya muncul konflik dalam kepribadiannya setelah lepas kontrol dari pengaruh orang tua di rumah. Namun yang sulit ditunggu bagi Firman adalah tingkat kesadaran anak untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan orang tua.

Kendati anak masih labil, tapi perlu dukungan dari semua pihak, baik orang tua kandungnya sendiri, tokoh masyarakat, tokoh agama, guru, maupun aparat kepolisian untuk mencegah terjadinya kekerasan pada anak.

Anak – anak juga kata Firman, perlu masukan agar anak bisa menghindari hal – hal yang tidak diinginkan dan bisa memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk.

“Dalam pergaulan bisa memilah dan memilih, mau mengikuti arus, terbawa arus, dan mengikuti arus tapi tidak terbawa arus. Istilah peribahasa menyelam dalam lumpur,” imbuhnya.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait