DPRD Gresik Berharap Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati Bisa Terealisasikan

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nur Hamim (Kiri) dan Mujid Riduan (tengah) didampingi Sekwan M Najikh saat konferensi pers usai paripurna LKPJ Bupati.(*)

GRESIK,beritalima.com-DPRD Gresik memberikan rekomendasi prioritas saat rapat Paripurna laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) yang dilakukan Bupati Fandi Akhmad Yani di Gedung DPRD Gresik, Sabtu (30/04/ 2023).

Ada beberapa poin rekomendasi yang diberikan, diantaranya, peningkatan PAD lewat PBB dan NJOP, Peningkatan Kesejahteraan masyarakat, Perbaikan infrastruktur.

Wakil Ketua DPRD Gresik, Mujid Riduan mengatakan, rekomendasi itu diharapkan menjadi prioritas bagi Pemerintah Kabupaten Gresik untuk direalisasikan di tahun 2023.

Mujid menjelaskan, terkait maksud rekomendasi peningkatan perbaikan infrastruktur adalah meminta Pemkab Gresik memperhatikan dan meningkatkan perbaikan jalan yang rusak.

“Jalan kita di daerah selatan itu kan bayak yang rusak, karena berkaitan dengan kurang maksimalnya anggaran untuk infrastruktur,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil DPRD Gresik dari partai Golkar, Ahmad Nur Hamim meminta, selain rekomendasi tersebut, Dewan juga merekomendasikan, peningkatan pendapatan dari badan usaha milik daerah (BUMD).

“BUMD perlu ada inovasi supaya benefit atau pendapatannya bisa meningkat sehingga pendapatan asli daerah juga turut naik,” jelasnya kepada wartawan.

Ia menambahkan, untuk mall pelayanan masyarakat. Pihaknya meminta perlu ditempatkan di lokasi strategis supaya masyarakat yang memanfaatkan mall tersebut terkait perizinanan maupun urusan administrasi bisa terjangkau oleh masyarakat.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, mengapresiasi adanya rekomendasi dari dewan. Salah satu yang disampaikan adalah masih rendahnya potensi pelayanan publik serta rendahnya serapan pajak bumi dan bangunan (PBB) pada pelayanan keuangan daerah.

“Masih rendahnya ini karena terkait dengan NJOP yang sudah dilakukan sosialisasi yang sasarannya bukan lahan pertanian dan perikanan. Tapi difokuskan ke lahan industri. Ini menjadi catatan kami,” ujarnya usai paripurna LKPJ.

Untuk itu Gus Yani menginstruksikan ke seluruh jajaran OPD untuk segera menindaklanjuti apa yang tertuang dalam rekomendasi.

“Rekomendasi yang disampaikan oleh kalangan dewan menjadi evaluasi untuk kedepannya agar OPD meningkatkan kinerjanya,” pungkasnya.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait