DPRD Kota Madiun Setujui Raperda Pertanggungjawaban Walikota Atas APBD 2021

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Rapat paripurna dengan agenda penyusunan Raperda Pertanggungjawaban Walikota Madiun, Jawa Timur, atas APBD 2021 akhirnya usai. Eksekutif dan legislatif menghadiri rapat paripurna terakhir dengan agenda pengambilan keputusan didahului pembacaan pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD, Rabu 25 Mei 2022.

Dari acara tersebut, seluruh fraksi DPRD menerima dan menyetujui isi Raperda Pertanggungjawaban APBD 2021. Meski di dalamnya terdapat beberapa catatan penting.

“Catatan itu bagus sebagai masukan untuk Pemkot Madiun. Di 2022 akan kami benahi,” tutur Walikota Madiun, H. Maidi.

Salah satu catatan yang menjadi perhatian dewan adalah besarnya Silpa di 2021. Namun, walikota memastikan bahwa besarnya silpa tidak berpengaruh terhadap program kerja Pemkot.

Menurutnya, seluruh program kerja Pemkot Madiun sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan tingginya angka pertumbuhan ekonomi di Kota Madiun. Selain itu PAD Kota Madiun menempati urutan ke-5 tertinggi nasional, angka kemiskinan ekstrem berada di peringkat terbawah Jatim, serta angka pengangguran dan stunting mengalami penurunan.

Dalam kesempatan itu, walikota juga mengapresiasi kinerja OPD di lingkup Pemkot Madiun karena telah mewujudkan program dan kegiatan sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Tak hanya itu, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada anggota DPRD yang turut membantu mengawasi dan memberikan masukan atas program dan kegiatan yang dijalankan oleh eksekutif.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Madiun, Andi Raya, mengapresiasi jawaban waliota atas pertanyaan fraksi DPRD. Dirinya juga mengaku lega bahwa pembentukan Raperda Pertanggungjawaban APBD 2021 berjalan lancar.

“Masukan-masukan kami berikan sifatnya untuk membangun. Bukan mengkritisi,” ucap Andi Raya.

Tahapan berikutnya, Pemkot Madiun dan DPRD akan segera membahas perubahan APBD 2022 dan bersiap menyusun R-APBD 2023. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (kiri) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait